ctrlnum 10138
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uinbanten.ac.id/10138/</relation><title>Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Kelas IV Tema 7 Subtema 3 Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku Bernuansa Kontekstual (R &amp; D pada Kelas IV SDN Banjarsari 1 Kota Serang)</title><creator>Dinina, Vina</creator><subject>372 Dasar Pendidikan </subject><description>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas modul tematik Tema 7 bernuansa kontekstual. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&amp;D (Research and Development) tipe 4D. Menurut teori Thiagarajan, yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perencanaan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan penyebaran angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pemeriksaan validitas menggunakan exploratory factor analysis, reabilitas dihitung dengan teknik inter-rate-reability, yaitu dengan menggunakan metode percent agreement. Hasil rekapitulasi uji kelayakan produk Modul Tematik Bernuansa Kontekstual pada Aspek fisik/tampilan mendapatkan total skor 4,5 dengan kategori tingkat validitas &#x201C;Sangat Baik&#x201D;, pada aspek bahasa mendapatkan total skor 4,6 dengan kategori tingkat validitas &#x201C;Sangat Baik&#x201D;, pada aspek komponen modul mendapatkan total skor 4,5 dengan kategori tingkat validitas &#x201C;Sangat Baik&#x201D;. Sehingga hasil rekapitulasi pakar validasi skor kualifikasi dari seluruh aspek berjumlah 4,5 dengan kategori tingkat validitas &#x201C;Sangat Baik&#x201D;. Sementara, reabilitas Pada tahap pengujian pertama Modul Tematik Bernuansa Kontekstual memperoleh jumlah IRR sebesar 0,72% atau 72% dengan kategori reabilitas &#x201C;Baik atau B&#x201D;. Pada tahap kedua jumlah IRR sebesar 0,83 atau 83% dengan kategori reabilitas &#x201C;Baik atau B&#x201D;. Sementara hasil uji coba lapangan menunjukkan bahwa tingkat kemampuan pemahaman siswa di kelas IV SDN Banjarsari Kota Serang mengalami peningkatan di setiap evaluasinya. Dari hasil uji voba Modul Tematik Bernuansa Kontekstual pada evaluasi ke-1 memperoleh skor 69% dengan kategori keefektifan &#x201C;Baik atau B&#x201D;, Pada evaluasi 2 didapatkan perolehan skor 88% dengan kategori keefektifan produk &#x201C;Baik atau B&#x201D; Sedangkan, pada evaluasi 3 sangat meningkat yaitu 100 atau 100% dengan kategori keefektifan produk &#x201C;Sangat Baik atau A&#x201D;. Sementara hasul respon siswa terhadap produk menunjukkan bahwa produk Modul Tematik Bernuansa Kontekstual mampu meningkatkan pemahaman siswa dengan rata-rata perolehan skor 88,7% dengan kategori &#x201C;Baik/B&#x201D;.</description><date>2022-10-25</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/10138/1/S_PGMI_161410118_Cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/10138/2/S_PGMI_161410118_Lampiran%20Depan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/10138/3/S_PGMI_161410118_Bab%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/10138/4/S_PGMI_161410118_Bab%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/10138/5/S_PGMI_161410118_Bab%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/10138/6/S_PGMI_161410118_Bab%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/10138/7/S_PGMI_161410118_Bab%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/10138/8/S_PGMI_161410118_Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><identifier> Dinina, Vina (2022) Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Kelas IV Tema 7 Subtema 3 Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku Bernuansa Kontekstual (R &amp; D pada Kelas IV SDN Banjarsari 1 Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. </identifier><relation>http://repository.uinbanten.ac.id</relation><recordID>10138</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Dinina, Vina
title Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Kelas IV Tema 7 Subtema 3 Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku Bernuansa Kontekstual (R & D pada Kelas IV SDN Banjarsari 1 Kota Serang)
publishDate 2022
topic 372 Dasar Pendidikan
url http://repository.uinbanten.ac.id/10138/1/S_PGMI_161410118_Cover.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/10138/2/S_PGMI_161410118_Lampiran%20Depan.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/10138/3/S_PGMI_161410118_Bab%20I.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/10138/4/S_PGMI_161410118_Bab%20II.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/10138/5/S_PGMI_161410118_Bab%20III.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/10138/6/S_PGMI_161410118_Bab%20IV.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/10138/7/S_PGMI_161410118_Bab%20V.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/10138/8/S_PGMI_161410118_Daftar%20Pustaka.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/10138/
http://repository.uinbanten.ac.id
contents Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas modul tematik Tema 7 bernuansa kontekstual. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D (Research and Development) tipe 4D. Menurut teori Thiagarajan, yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perencanaan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan penyebaran angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pemeriksaan validitas menggunakan exploratory factor analysis, reabilitas dihitung dengan teknik inter-rate-reability, yaitu dengan menggunakan metode percent agreement. Hasil rekapitulasi uji kelayakan produk Modul Tematik Bernuansa Kontekstual pada Aspek fisik/tampilan mendapatkan total skor 4,5 dengan kategori tingkat validitas “Sangat Baik”, pada aspek bahasa mendapatkan total skor 4,6 dengan kategori tingkat validitas “Sangat Baik”, pada aspek komponen modul mendapatkan total skor 4,5 dengan kategori tingkat validitas “Sangat Baik”. Sehingga hasil rekapitulasi pakar validasi skor kualifikasi dari seluruh aspek berjumlah 4,5 dengan kategori tingkat validitas “Sangat Baik”. Sementara, reabilitas Pada tahap pengujian pertama Modul Tematik Bernuansa Kontekstual memperoleh jumlah IRR sebesar 0,72% atau 72% dengan kategori reabilitas “Baik atau B”. Pada tahap kedua jumlah IRR sebesar 0,83 atau 83% dengan kategori reabilitas “Baik atau B”. Sementara hasil uji coba lapangan menunjukkan bahwa tingkat kemampuan pemahaman siswa di kelas IV SDN Banjarsari Kota Serang mengalami peningkatan di setiap evaluasinya. Dari hasil uji voba Modul Tematik Bernuansa Kontekstual pada evaluasi ke-1 memperoleh skor 69% dengan kategori keefektifan “Baik atau B”, Pada evaluasi 2 didapatkan perolehan skor 88% dengan kategori keefektifan produk “Baik atau B” Sedangkan, pada evaluasi 3 sangat meningkat yaitu 100 atau 100% dengan kategori keefektifan produk “Sangat Baik atau A”. Sementara hasul respon siswa terhadap produk menunjukkan bahwa produk Modul Tematik Bernuansa Kontekstual mampu meningkatkan pemahaman siswa dengan rata-rata perolehan skor 88,7% dengan kategori “Baik/B”.
id IOS3645.10138
institution IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
institution_id 609
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
library_id 672
collection Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
repository_id 3645
subject_area Islamic Religious Education/Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Islamic History/Sejarah Islam
Tafsir Al-Qur'an
city SERANG
province BANTEN
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS3645
first_indexed 2023-04-14T02:31:00Z
last_indexed 2023-04-14T02:31:00Z
recordtype dc
_version_ 1765163670980001792
score 17.538404