Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskirpsikan upaya kesiapan guru MI Sirajul Af’idah dan kesulitan-kesulitan yang dialami guru dalam mengimplementasikan pembelajaran tematik integratif kurikulum 2013 di MI Sirajul Af’idah. Latar belakang penelitian ini adalah masih banyak guru yang merasa kesulian dalam menerapkan kurikulum 2013. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru telah melakukan upaya persiapan terhadap pelaksanaan kurikulum 2013 diantaranya guru sudah membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), guru sudah menggunakan media dalam proses pembelajaran, menggunakan metode dan guru sudah melaksanakan penilaian pembelajaran. Namun, guru masih mengalami beberapa kesulitan dalam mengimplementasikan pembelajaran tematik kurikulum 2013 yaitu guru merasa kesulitan dalam merencanakan pembelajaran tematik ketika memadukan materi pembelajaran dalam langkah-langkah dan indikator pembelajaran, guru merasa kesulitan dalam melaksanakan pembelajaran tematik karena alokasi waktu yang tidak sesuai antara alokasi waktu yang direncanakan pada RPP dengan alokasi waktu yang dilakukan guru selama kegiatan pembelajaran, dan guru merasa kesulitan dalam melakukan evaluasi pembelajaran karena terlalu banyak aspek yang harus dinilai yang meliputi aspek sikap, pengetahuan dan aspek keterampilan.