Manajemen Promosi Sekolah pada Masa Pandemi Covid-19 di MTsN 1 Kota Serang
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Manajemen Promosi Sekolah Pada Masa Pandemi Covid-19, dimulai dari rencana pengelolaan promosi sekolah pada masa pandemi covid-19, masalah promosi sekolah pada masa pandemi covid-19, cara mengatasi masalah promosi sekolah pada masa pandemi covid-19, serta hasil promosi sekolah pada masa pandemi covid-19. Dilakukan di MTsN 1 Kota Serang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan datanya yaitu dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitian adalah kepala sekolah, waka humas, dan waka kurikulum. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Langkah untuk melakukan teknik pengujian kreadibilitas data yaitu dengan teknik triangulasi. Hasil analisis data yang ditemukan dalam penelitian ini dimulai dari rencana manajemen promosi sekolah dimulai dari rapat pembentukan panitia penerimaan siswa baru, kemudian promosi sekolah dilakukan secara ofline dan juga online, namun lebih banyak dilakukan secara online karena masa pandemi melalui website dan media sosial. Masalah yang terdapat dalam manajemen promosi sekolah yakni dikarenakan masih banyak juga orang tua yang akhirnya datang langsung ke sekolah sebab banyak orangtua yang belum faham teknologi padahal dimasa pandemi covid-19 ini harus mengikuti aturan pemerintah yaitu social distancing untuk menghindari meluasnya penyebaran. Kemudian kesulitan dalam mengetes siswa baru untuk dipilih siapa yang masuk dalam kriteria siswa baru karena salah satu pengetesan nya yaitu mengaji Alqur’an, tenta itu bukan hal mudah ketika dilakukan pengetsannya melalui virtual atau online. Meskipun begitu hasil dari manajemen promosi sekolah dimasa pandemi ini sangat baik karena peminat dari pendaftar calon siswa baru melebihi kuota yang telah ditentukan di MTsN 1 Kota Serang.