Kompetensi Pedagogik Guru Mata Pelajaran Fiqih Hubungannya dengan Kemampuan Kognitif Peserta Didik (Studi di MA Attaufiqiyah Kota Serang)
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: kompetensi pedagogik guru mata pelajaran Fiqih, mengetahui kemampuan kognitif peserta didik, dan mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru mata pelajaran Fiqih hubungannya dengan kemampuan kognitif didik di MA At-Taufiqiyah Taktakan Kota Serang tahun pelajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif korelasional dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, angket, dan tes. Jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu 28 peserta didik sebagai responden. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah : berdasarkan hasil analisis korelasi dengan menggunakan Product Moment XY r diperoleh nilai korelasi sebesar 0,59. Hal ini menunjukan bahwa kompetensi pedagogik guru mata pelajaran fiqih hubungannya dengan kemampuan kognitif peserta didik terdapat korelasi yang sedang/cukup. Adapun kontribusi kompetensi pedagogik guru mata pelajaran fiqih hubungannya dengan kemampuan kognitif peserta didik sebesar 34,81% sedangkan sebagian sisanya 66,19% yakni dipengaruhi oleh faktor lain dan dapat diteliti kembali.