ctrlnum 10108
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uinbanten.ac.id/10108/</relation><title>Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur&#x2019;an Menggunakan&#xD; Metode Ummi pada Pelajaran Al-Qur&#x2019;an Kelas VII B MTs. Darussalam Pandeglang</title><creator>Niswa, Siti Aula</creator><subject>2x7.33 Tingkat stanawiyah dan &#x2018;aliyah</subject><description>Dan diantara pendidikan yang paling mulia yang wajib orang tua ajarkan adalah pendidikan al-Qur&#x2019;an., dengan memberikan pendidikan al-Qur&#x2019;an terhadap anak, secara tidak langsung Orang tua menjunjung tinggi nilai-nilai syari&#x2019;at Islam.lima tanggung jawab seseorang terhadap al-Qur&#x2019;an yaitu: Tilawah/Tahsin, Tafsir ,Ta&#x1E6D;biq, Tabligh, Tahfidz. lembaga pendiidkan madrasah merupakan suatu hal yang penting untuk menemukan cara agar nilai-nilai pendidikan Islam dapat diterapkan dikehidupan sehari-hari siswa. Terutama pada pembelajaran al-Qur&#x2019;an.&#xD; Berdasarkan latar belakang diatas maka rumusan masalah dalam penelitian ini 1) bagaimana penerapan metode Ummi pada pelajaran al-Qur&#x2019;an kelas VII B MTs Darussalam Pandeglang? 2) bagaimana aktivitas siswa dengan penggunaan metode Ummi dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca al-Qur&#x2019;an kelas VII B MTs Darussalam Pandeglang? apakah kemampuan siswa dalam membaca al-Qur&#x2019;an dengan metode Ummi kelas VII B MTs Darussalam Pandeglang meningkat? Metode Ummi merupakan salah satu metode belajar membaca dan menghafal al-Qur&#x2019;an dengan pendekatan bahasa ibu dilakukan secara tartil. metode yang digunakaan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas,meliputi pe.rencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII B yang berjumlah 24 siswa laki-laki. indikator kinerja dalam penelitian ini yaitu aktivitas belajar siswa meningkat hingga 75%, dan mencapai &gt; nilai KKM yaitu 75. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan diskusi antar guru.&#xD; Berdasarkan hasil penelitian, hasil belajar siswa pada Pra Siklus dengan nilai rata-rata sebesar 50 dari 24 siswa yang belum mencapai BSB atau belum tuntas. Kemudian hasil belajar siswa pada siklus 1 diperoleh dengan nilai rata-rata 71 dengan 6 siswa yang tuntas kategori BSB,dan 18 siswa yang mencapai BSH namun belum tuntas . Kemudian pada siklus II nilai rata-rata diperoleh sebesar 78 dengan 3 siswa mencapai BSH dan 21 siswa mencapai BSB. Hal ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada setiap siklus. Dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran di MTs Darussalam Pandeglang dengan menggunakan metode Ummi pada pembelajaran Al-Qur&#x2019;an kelas VII B dapat meningkatkan hasil belajar siswa.</description><date>2022-10-21</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/10108/1/S_PAI_171210113_Cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/10108/2/S_PAI_171210113_Lampiran%20Depan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/10108/3/S_PAI_171210113_Bab%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/10108/4/S_PAI_171210113_Bab%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/10108/5/S_PAI_171210113_Bab%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/10108/6/S_PAI_171210113_Bab%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/10108/7/S_PAI_171210113_Bab%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/10108/8/S_PAI_171210113_Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><identifier> Niswa, Siti Aula (2022) Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur&#x2019;an Menggunakan Metode Ummi pada Pelajaran Al-Qur&#x2019;an Kelas VII B MTs. Darussalam Pandeglang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. </identifier><relation>http://repository.uinbanten.ac.id</relation><recordID>10108</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Niswa, Siti Aula
title Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Menggunakan Metode Ummi pada Pelajaran Al-Qur’an Kelas VII B MTs. Darussalam Pandeglang
publishDate 2022
topic 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
url http://repository.uinbanten.ac.id/10108/1/S_PAI_171210113_Cover.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/10108/2/S_PAI_171210113_Lampiran%20Depan.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/10108/3/S_PAI_171210113_Bab%20I.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/10108/4/S_PAI_171210113_Bab%20II.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/10108/5/S_PAI_171210113_Bab%20III.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/10108/6/S_PAI_171210113_Bab%20IV.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/10108/7/S_PAI_171210113_Bab%20V.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/10108/8/S_PAI_171210113_Daftar%20Pustaka.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/10108/
http://repository.uinbanten.ac.id
contents Dan diantara pendidikan yang paling mulia yang wajib orang tua ajarkan adalah pendidikan al-Qur’an., dengan memberikan pendidikan al-Qur’an terhadap anak, secara tidak langsung Orang tua menjunjung tinggi nilai-nilai syari’at Islam.lima tanggung jawab seseorang terhadap al-Qur’an yaitu: Tilawah/Tahsin, Tafsir ,Taṭbiq, Tabligh, Tahfidz. lembaga pendiidkan madrasah merupakan suatu hal yang penting untuk menemukan cara agar nilai-nilai pendidikan Islam dapat diterapkan dikehidupan sehari-hari siswa. Terutama pada pembelajaran al-Qur’an. Berdasarkan latar belakang diatas maka rumusan masalah dalam penelitian ini 1) bagaimana penerapan metode Ummi pada pelajaran al-Qur’an kelas VII B MTs Darussalam Pandeglang? 2) bagaimana aktivitas siswa dengan penggunaan metode Ummi dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca al-Qur’an kelas VII B MTs Darussalam Pandeglang? apakah kemampuan siswa dalam membaca al-Qur’an dengan metode Ummi kelas VII B MTs Darussalam Pandeglang meningkat? Metode Ummi merupakan salah satu metode belajar membaca dan menghafal al-Qur’an dengan pendekatan bahasa ibu dilakukan secara tartil. metode yang digunakaan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas,meliputi pe.rencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII B yang berjumlah 24 siswa laki-laki. indikator kinerja dalam penelitian ini yaitu aktivitas belajar siswa meningkat hingga 75%, dan mencapai > nilai KKM yaitu 75. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan diskusi antar guru. Berdasarkan hasil penelitian, hasil belajar siswa pada Pra Siklus dengan nilai rata-rata sebesar 50 dari 24 siswa yang belum mencapai BSB atau belum tuntas. Kemudian hasil belajar siswa pada siklus 1 diperoleh dengan nilai rata-rata 71 dengan 6 siswa yang tuntas kategori BSB,dan 18 siswa yang mencapai BSH namun belum tuntas . Kemudian pada siklus II nilai rata-rata diperoleh sebesar 78 dengan 3 siswa mencapai BSH dan 21 siswa mencapai BSB. Hal ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada setiap siklus. Dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran di MTs Darussalam Pandeglang dengan menggunakan metode Ummi pada pembelajaran Al-Qur’an kelas VII B dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
id IOS3645.10108
institution IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
institution_id 609
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
library_id 672
collection Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
repository_id 3645
subject_area Islamic Religious Education/Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Islamic History/Sejarah Islam
Tafsir Al-Qur'an
city SERANG
province BANTEN
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS3645
first_indexed 2023-04-14T02:31:00Z
last_indexed 2023-04-14T02:31:00Z
recordtype dc
_version_ 1765163670858366976
score 17.538404