Hubungan Antara Pembelajaran Ilmu Tajwid dengan Kemampuan Kaum Ibu dalam Membaca Al-Qur'an (Studi Kasus di Majelis Ta’lim Al-Bantani Desa Bojong, Kec. Cikupa, Kab. Tangerang)
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran ilmu tajwid di Majelis Ta’lim Al-Bantani, mengetahui kemampuan kaum ibu dalam membaca Al-Qur’an di Majelis Ta’lim Al-Bantani, dan mengetahui hubungan antara pembelajaran ilmu tajwid dengan kemampuan kaum ibu dalam membaca Al-Qur’an di Majelis Ta’lim Al-Bantani. Penulis menggunakan teknik pengumpulan data tes tulis dan tes lisan yang dilakukan di Majelis Ta’lim Al-Bantani. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif dengan jenis penelitian korelasional, dengan mengambil populasi seluruh kaum ibu Majelis Ta’lim Al-Bantani dan sampel berjumlah 45 kaum ibu dengan menggunakan teknik purpossive sampling. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah: berdasarkan hasil analisis korelasional dengan menggunakan Product Moment ( ) diperoleh dari data koefisien korelasi sebesar 0,73 berada diantara (0,60 – 0,799). Hal ini menunjukkan bahwa antara pembelajaran ilmu tajwid (variabel X) dengan kemampuan kaum ibu dalam membaca Al-Qur’an (Variabel Y) terdapat korelasi yang kuat. Adapun kontribusi terhadap pembelajaran ilmu tajwid (Variabel X) dan kemampuan kaum ibu dalam membaca Al-Qur’an (Variabel Y) dengan koefisien determinasi diperoleh 53,29 % sedangkan sisanya sebesar 46,71 % dipengaruhi faktor lainnya.