Daftar Isi:
  • Pemahaman masyarakat yang terlalu sederhana atau kurang memahami mengenai prosedur pengajuan klaim sering menjadi pemicu munculnya masalah dalam proses klaim asuransi kecelakaan diri. Faktanya bahwa di dalam polis berisi ketentuan-ketentuan lain termasuk risiko yang dipertanggungkan. Masalah prosedur pengajuan klaim sesungguhnya sangat sederhana, tetapi karena peserta kurang memahami kontrak dari asuransi yang dimilikinya, maka hal ini menjadi suatu masalah yang sulit. Perumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1). Bagaimana prosedur pengajuan klaim pada produk kecelakaan diri di PT Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967 Cabang Serang?. 2). Bagaimana proses pengambilan keputusan terhadap diterima atau ditolaknya klaim nasabah pada produk kecelakaan diri di PT Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967 Cabang Serang? Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu 1). Menganalisis prosedur pengajuan klaim pada produk kecelakaan diri di PT Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967 Cabang Serang. 2). Mengetahui proses pengambilan keputusan terhadap diterima atau ditolaknya klaim nasabah pada produk kecelakaan diri di PT Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967 Cabang Serang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan pendekatan penelitian yang digunakan yaitu penelitian langsung yang dilakukan dengan wawancara pada perusahaan. Adapun teknik analisis data yang penulis gunakan yaitu teknik analisis data kualitatif deskriptif. Kesimpulannya prosedur pengajuan klaim asuransi kecelakaan diri pada PT Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967 Cabang Serang, peserta harus melaporkan kepada agen atau perusahaan, lalu mengisi formulir klaim dan melengkapi dokumen yang diminta oleh perusahaan. Jika dokumen sudah lengkap maka perusahaan akan mengecek dan survei ke lapangan. Setelah itu perusahaan akan memproses klaim akan diterima atau ditolak.