PERBEDAAN PENGARUH TERAPI DISTRAKSI PENDENGARAN METODE BACAAN AL-QURAN (MURROTAL) DENGAN TERAPI MUSIK KLASIK TERHADAP PENURUNAN KECEMASAN MENJELANG UJIAN NASIONAL (UN) PADA SISWA KELAS XII IPA SMAN 9 PADANG TAHUN 2012
Main Author: | Uswah, SYARIFAH USWATUN HASANAH |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.unand.ac.id/577/1/PENELITIAN.doc http://repo.unand.ac.id/577/ |
Daftar Isi:
- Ujian Nasional (UN) merupakan salah satu sumber penyebab kecemasan pada siswa. Hal ini dikarenakan meningkatnya standar nilai kelulusan tiap tahunnya. Untuk tahun 2012 standar nilai kelulusan yang harus didapat siswa setiap mata ajar yaitu 5,5. Kecemasan menjelang Ujian Nasional juga muncul diakibatkan karena banyaknya siswa yang tidak lulus pada saat pra-UN dan bertambahnya jadwal belajar disekolah.Kini telah banyak dikembangkan terapi-terapi keperawatan untuk menangani kecemasan, diantaranya adalah terapi murrotal dan terapi musik klasik yang dapat mengurangi tingkat kecemasan. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat perbedaan pengaruh terapi murrotal dan terapi musik klasik terhadap kecemasan siswa menjelang Ujian Nasional (UN). Penelitian ini dilakukan selama 14 hari dan menggunakan Quasi-Eksperimen (pretest-postest) dengan sampel penelitian 22 orang kelompok eksperimen dan 22 orang kelompok pembanding. Pengambilan sampel menggunakan Pusposive Sampeling. Pengukuran tingkat kecemasan dilakukan dengan menggunakan Hamilton Rating Scale for Anxiety (HRS-A). Analisa statistik yang digunakan yaitu Wilcoxon dan Mann-Whitney. Hasil penelitian terhadap kelompok eksperimen yang diberikan terapi murrotal terdapat penurunan tingkat kecemasan yang bermakna yaitu dengan p=0,000 (p<0,05) dan pada kelompok pembanding yang diberikan terapi musik klasik juga terdapat penurunan tingkat kecemasan yang bermakna yaitu p=0,000 (p<0,05). Uji beda tingkat kecemasan pemberian terapi murrotal dan terapi musik klasik diperoleh nilai p=0,000 (p<0,05). Kesimpulan dari penelitian ini bahwa terapi murrotal lebih efektif daripada terapi musik klasik dalam menurunkan kecemasan menjelang ujian nasional (UN) siswa kelas XII IPA SMAN 9 Padang tahun 2012. Rekomendasi dari penelitian ini adalah pihak sekolah mengaplikasikan terapi murrotal untuk siswa yang muslim dalam meneurunkan kecemasan menjelang UN dan terapi musik klasik untu siswa non-muslim. Kata Kunci : Ujian Nasional (UN), Kecemasan, Terapi Murrotal, Terapi Musik klasik