Penentuan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pemasok PT Semen Padang dengan Analisis Regresi Logistik Ordinal

Main Authors: Hazmira Yozza, HY, Izzati Rahmi HG, IRHG
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Subjects:
Online Access: http://repo.unand.ac.id/44777/1/Prosiding%20IndoMS-B%20yozza.pdf
http://repo.unand.ac.id/44777/
Daftar Isi:
  • Abstrak. Pemasok (supplier) memiliki peranan yang sangat penting bagi sebuah perusahaan dalam hal pengadaan bahan baku serta sarana dan prasarana produksi. Oleh karena itu, setiap perusahaan harus selalu membina suatu hubungan jangka panjang yang baik dengan semua pemasoknya sehingga tercipta loyalitas pemasok terhadap perusahaan. Loyalitas tersebut akan terbangun jika pemasok merasa puas dengan semua proses pengadaan yang terjadi. Pada penelitian ini, akan ditentukan faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pemasok dalam proses pengadaan barang di PT Semen Padang. Terdapat lima variabel yang diperkirakan berpengaruh terhadap kepuasan pemasok, yaitu komunikasi, kebijakan pengadaan, kebijakan pembayaran, kebijakan koordinasi dan karyawan. Dengan menggunakan analisis regresi logistik logistik ordinal diketahui bahwa dari ke lima variabel tersebut, variabel yang berpengaruh terhadap kepuasan pemasok tersebut adalah kebijakan pengadaan. Kata Kunci : Kepuasan pemasok, PT Semen Padang, Analisis Regresi Logistik Ordinal