Pengembangan Antarmuka Portal Universitas untuk Meningkatkan Pengalaman Pengguna
Main Authors: | Muluk, Asmuliardi, Arief, Ikhwan, Indrapriyatna, Ahmad Syafruddin, Falevy, Mahira |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Ikatan Ahli Informatika Indonesia (IAII)
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.unand.ac.id/44277/1/PengembanganAntarmuka%20Portal%20Universitas%20untuk%20MeningkatkanPengalaman%20Pengguna.pdf http://repo.unand.ac.id/44277/ http://jurnal.iaii.or.id/index.php/RESTI/article/view/3532 https://doi.org/10.29207/resti.v5i6.3532 |
Daftar Isi:
- Teknologi telah berkembang sangat pesat guna membantu manusia dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Manusia, sebagai pengguna berinteraksi melalui antarmuka yang disebut dengan user interface (UI), dan pengalaman yang dirasakan pengguna disebut dengan user experience (UX). UI dan UX tidak dapat dipisahkan karena user interface yang baik akan menghasilkan user experience yang baik. Portal Unand merupakan aplikasi berbasis web yang memiliki segala informasi akademik untuk mahasiswa. Survei awal dilakukan untuk mengetahui pendapat mahasiswa mengenai Portal Unand. Mahasiswa mempunyai beberapa keluhan terhadap Portal Unand yang disebabkan oleh web yang tidak responsive, desain yang kuno, fitur yang tidak ditonjolkan, dll. Oleh sebab itu, pengalaman pengguna dalam menggunakan Portal Unand tidak begitu memuaskan. Pada penelitian ini dilakukan perancangan ulang dengan menggunakan metode design thinking. Penelitian dimulai dengan berempati dengan pengguna hingga menguji prototipe kepada pengguna dengan melakukan usability testing. Setelah prototipe selesai, usability testing dilakukan dengan menggunakan Maze dan System Usability Scale (SUS). Skor dari usability testing adalah 84 dimana skor tersebut terdapat dalam rentang tinggi. Skor SUS adalah 83,33 yang masuk kedalam kategori A dan dapat diterima. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah prototipe usulan yang memenuhi aspek usability, yaitu efektivitas, efisiensi dan kepuasan pengguna. Aspek efektivitas dan efisiensi dilihat berdasarkan skor Maze yaitu 84, dan aspek kepuasan pengguna dilihat berdasarkan skor SUS yaitu 83,33.