PENGARUH PARKIR DI BADAN JALAN TERHADAP KINERJA RUAS JALAN (STUDI KASUS: JALAN PEMUDA, PADANG)
Main Authors: | Kurniati, Titi, Gunawan, Hendra |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Brawijaya
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.unand.ac.id/43308/1/titi_fstpt21_2018.pdf http://repo.unand.ac.id/43308/ |
Daftar Isi:
- Jalan Pemuda merupakan prasarana jalan pada pusat bisnis dan perdagangan di kota Padang. Keterbatasan area parkir di luar badan jalan, mengakibatkan penggunaan tempat parkir di badan jalan meningkat. Hal ini berpengaruh pada kinerja ruas jalan. Penelitian ini menganalisis perubahan jumlah lajur efektif akibat kendaraan parkir di badan jalan terhadap derajat kejenuhan dan kecepatan rata-rata. Pengambilan data primer menggunakan metode survei Video Image Processor, sehingga didapatkan data volume lalu lintas dan waktu tempuh kendaraan. Selanjutnya data tersebut diolah dan dianalisis menggunakan pedoman Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. Hasil analisis menunjukkan pengurangan jumlah lajur efektif berpengaruh signifikan terhadap kinerja jalan. Penurunan derajat kejenuhan terbesar adalah 132% akibat pengurangan lajur efektif dari 4 menjadi 2. Untuk semua jam puncak, kecepatan rata-rata kendaraan ringan hasil analisis MKJI 1997 lebih besar dari kecepatan rata-rata hasil survei. Penurunan kecepatan rata-rata hasil survei tertinggi sebesar 38,76% akibat pengurangan lajur efektif dari 3 menjadi 2.