ANALISIS KEDIP TEGANGAN (VOLTAGE SAGS) AKIBAT PENGASUTAN MOTOR INDUKSI DENGAN BERBAGAI METODE PENGASUTAN STUDI KASUS DI PT. ABAISIAT RAYA

Main Author: Pawawoi, Andi
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repo.unand.ac.id/3540/1/49-56_Andi_P.pdf
http://repo.unand.ac.id/3540/2/49-56_Andi_P.doc
http://repo.unand.ac.id/3540/
ctrlnum 3540
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repo.unand.ac.id/3540/</relation><title>ANALISIS KEDIP TEGANGAN (VOLTAGE SAGS) AKIBAT PENGASUTAN MOTOR INDUKSI DENGAN BERBAGAI METODE PENGASUTAN &#xD; STUDI KASUS DI PT. ABAISIAT RAYA</title><creator>Pawawoi, Andi</creator><subject>TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering</subject><description>Suatu sistem tenaga listrik harus memiliki tingkat keandalan yang tinggi agar sistem tersebut mampu menyediakan pasokan energi listrik yang dibutuhkan secara kontinyu dan dengan kualitas daya yang baik dari segi regulasi tegangan maupun regulasi frekuensinya. Salah satu gangguan yang sering terjadi pada sistem tenaga listrik adalah gangguan kedip tegangan (voltage sags). Kedip tegangan ini dapat disebabkan oleh Pemikulan beban yang besar atau pengasutan motor berkapasitas besar. Pada pengasutan motor arus starting yang dihasilkan dapat mencapai 5-10 kali nilai nominalnya, sehingga perlu diterapkan metode starting motor untuk mereduksi arus yaqng besar ini.&#xD; Studi kasus peneitian ini dilakukan di Pabrik Karet PT. Abaisiat Raya. Simulasi pengasutan motor yang ada di jaringan kelistrikan pabrik ini dilakukan dengan beberapa metode starting. Hasil simulasi ini kemudian dibandingkan dengan standar yang ada. Dengan melihat standar-standar yang digunakan dan hasil analisis, pengasutan motor dengan dengan metode star-delta, metode resistor tap 45%, dan metode auto-transformer tap 70% mampu mereduksi kedip tegangan yang terjadi pada setiap busbar.</description><date>2009-11</date><type>Journal:Article</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.unand.ac.id/3540/1/49-56_Andi_P.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.unand.ac.id/3540/2/49-56_Andi_P.doc</identifier><identifier> Pawawoi, Andi (2009) ANALISIS KEDIP TEGANGAN (VOLTAGE SAGS) AKIBAT PENGASUTAN MOTOR INDUKSI DENGAN BERBAGAI METODE PENGASUTAN STUDI KASUS DI PT. ABAISIAT RAYA. Teknika Unand. </identifier><recordID>3540</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
PeerReview:PeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Pawawoi, Andi
title ANALISIS KEDIP TEGANGAN (VOLTAGE SAGS) AKIBAT PENGASUTAN MOTOR INDUKSI DENGAN BERBAGAI METODE PENGASUTAN STUDI KASUS DI PT. ABAISIAT RAYA
publishDate 2009
topic TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
url http://repo.unand.ac.id/3540/1/49-56_Andi_P.pdf
http://repo.unand.ac.id/3540/2/49-56_Andi_P.doc
http://repo.unand.ac.id/3540/
contents Suatu sistem tenaga listrik harus memiliki tingkat keandalan yang tinggi agar sistem tersebut mampu menyediakan pasokan energi listrik yang dibutuhkan secara kontinyu dan dengan kualitas daya yang baik dari segi regulasi tegangan maupun regulasi frekuensinya. Salah satu gangguan yang sering terjadi pada sistem tenaga listrik adalah gangguan kedip tegangan (voltage sags). Kedip tegangan ini dapat disebabkan oleh Pemikulan beban yang besar atau pengasutan motor berkapasitas besar. Pada pengasutan motor arus starting yang dihasilkan dapat mencapai 5-10 kali nilai nominalnya, sehingga perlu diterapkan metode starting motor untuk mereduksi arus yaqng besar ini. Studi kasus peneitian ini dilakukan di Pabrik Karet PT. Abaisiat Raya. Simulasi pengasutan motor yang ada di jaringan kelistrikan pabrik ini dilakukan dengan beberapa metode starting. Hasil simulasi ini kemudian dibandingkan dengan standar yang ada. Dengan melihat standar-standar yang digunakan dan hasil analisis, pengasutan motor dengan dengan metode star-delta, metode resistor tap 45%, dan metode auto-transformer tap 70% mampu mereduksi kedip tegangan yang terjadi pada setiap busbar.
id IOS3629.3540
institution Universitas Andalas
institution_id 24
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Andalas
library_id 275
collection Repository 2 Universitas Andalas
repository_id 3629
city KOTA PADANG
province SUMATERA BARAT
repoId IOS3629
first_indexed 2016-10-24T05:09:44Z
last_indexed 2016-10-24T06:32:22Z
recordtype dc
_version_ 1764700037407834112
score 17.538404