Analisis Permintaan Pembiayaan Dan Strategi Pengembangan Pembiayaan Usaha Kecil Pada BMT Taqwa Muhammadiyah Padang

Main Author: MERIZA, SUSANTI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2008
Subjects:
Online Access: http://repo.unand.ac.id/2222/1/IMG.pdf
http://repo.unand.ac.id/2222/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan pembiayaan serta mengkaji tentang shategi pengembangan pembiayaan usaha kecil pada BMT Taqwa Muhammadiyah Padang. Tujuan dari penelitian ini adalatr untuk menganalisis bentuk hubungan dan besarnya pengaruh pendapatan nasabah, jangka waktu angsuran, lama menjadi nasabah dan ada tidaknya agunan terhadap permintaan pembiayaan dan mengetahui strategi yang efektif dalam pengembangan pembiayaan terkait. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan analisis ekonometrika. Untuk itu metedologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan regresi linear berganda. Data yang digunalcan adalah data primer berbentuk kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan pendapatan nasabah berpenganrh negatif tetapi signifikan terhadap permintaan pembiayaan, sedangkan jangka waktu angsuran, lama menjadi nasabah dan ada tidaknya agunan berpengaruh positif dan signifikan terhadap permintaan pembiayaan. BMT Taqwa Muhammadiyah Padang dapat melakukan pengembangan pembiayaan usaha kecil melalui peningkatan kualias pelayanan, perluasan jaringan penyuluhan, hubungan kerja sama dengan instansi terkait, peningkatan pemasaran dan lain-lain.