ANALISA PENGARUH FAKTOR SOSIAL EKONOMI, DEMOGRAFI DAN LINGKUNGAN TERHADAP MOTIVASI ANAK MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI (Studi Kasus Kec. Kuranji Kota Padang)

Main Author: SRI, WAHYUNI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repo.unand.ac.id/1078/1/JUDUL.pdf
http://repo.unand.ac.id/1078/2/DAFTAR%2520ISI.pdf
http://repo.unand.ac.id/1078/3/Abstrak%2520.pdf
http://repo.unand.ac.id/1078/4/BAB%2520%2520I.pdf
http://repo.unand.ac.id/1078/
Daftar Isi:
  • Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Faktor Sosial Ekonomi, Demografi dan Lingkungan Terhadap Motivasi Anak Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi di Kecamatan Kuranji Kota Padang. Sampel penelitian ini adalah sebagian dari populasi penduduk umur 15-24 tahun di Kecamatan Kuranji Kota Padang yang diambil secara acak. Pengumpulan data dilakukan dengan pendekatan lapangan dan penelitian pustaka melalui buku-buku, literature maupun bacaan lainnya. Pengolahan data penelitian menggunakan analisis regresi linier berganda dengan metode kuadrat terkecil (Ordinary least Square) regresi logistik. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa tingkat pendidikan bapak, tingkat pendidikan ibu, dan jenis kelamin merupakan variabel yang mempunyai pengaruh signifikan terhadap motivasi anak untuk melanjutkan investasi pendidikan ke perguruan tinggi. Sedangkan variabel independen lainnya yaitu pendapatan rumah tangga, jumlah anggota rumah tangga, dan lingkungan sekitar tempat tinggal tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi anak untuk melanjutkan investasi pendidikan ke perguruan tinggi. Hasil penelitian memberikan implikasi bahwa Perguruan tinggi adalah satuan pendidikan penyelenggara pendidikan tinggi. Dalam mempersiapkan sumber daya yang berkualitas, salah satunya adalah dengan menempuh berbagai jalur pendidikan terutama jalur pendidikan tinggi. Keywords: Metode Ordinary Least Square; Sosial Ekonomi; Demografi; Lingkungan; Motivasi.