Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Umum Cut Meutia Aceh Utara Tahun 2016

Main Author: Putra, Mahardhika
Other Authors: Juanita, Heldy BZ
Format: Masters application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://202.0.107.133/handle/123456789/821
Daftar Isi:
  • 147032192
  • Cut MeutiaGeneral Hospital North Aceh is one of the hospital in the Province of Nanggroe Aceh Darussalam which still has a problem of service quality. The quality of service of a hospital with of all the elements included in its interacting internal an external environments will influence the success of the hospital in reaching the patient satisfaction. The health service for patients in Cut Meutia General Hospital North Aceh is still facing problem very limited time of concultation with doctors, medicine service are unsatisfactory, non-punctual visit of doctor to the inpatient wards, uncomfortable inpatient wards, and nurses who are less friendly to patient. The purpose of this survey study with explanatory type to analyze the impact of service quality on patient satisfaction Cut Meutia General Hospital North Aceh. The population of this study were inpatients Cut Meutia General Hospital North Aceh in June 2016 with a sample of 72 people. Data was obtained through interviews using a questionnaire and analyzed using multiple linear regression test. The result of this study showed that the quality of service mesasured based on the aspects of reliability, responsiveness, assurance, emphaty, and tangibles had influence on the patient satisfaction Cut Meutia General Hospital North Aceh. Assurance dimension was the variable that had the biggest influence on patient satisfaction. The Cut Meutia General Hospital North Aceh is suggested to improve their quality of service for the patient to pay attention to the dimension of service quality that it can improve the patient satisfaction. The dimension of assurance needs to be especially paid attention because it is most dominant aspect influence patient satisfaction.
  • RSU Cut Meutia Aceh Utara merupakan salah satu rumah sakit di Propinsi Nanggroe Aceh Darussalam yang masih mengalami permasalahan dengan kualitas pelayanan. Kualitas pelayanan rumah sakit dengan segala unsur yang ada datam lingkungan internal dan eksternalnya akan saling berinteraksi mempengaruhi keberhasilan rumah sakit tersebut dalam mencapai kepuasan pasien. Pelayanan kesehatan pasien di RSU Cut Meutia Aceh Utara masih menghadapi masalah : waktu konsultasi dengan dokter terbatas, pelayanan obat yang kurang memuaskan, tidak tepatnya jadwal kunjungan dokter, ruangan rawat kurang nyaman, dan perawat yang bersifat kurang ramah kepada pasien. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan pendekatan explanatory yang bertujuan untuk menjelaskan pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat inap RSU Cut Meutia Aceh Utara. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien rawat inap RSU Cut Meutia Aceh Utara pada bulan Juni 2016 dengan sampel berjumlah 72 orang. Data diperoleh melalui wawancara dengan menggunakan kuisioner dan dianalisis dengan uji regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan yang diukur melalui aspek kehandalan, ketanggapan, jaminan, perhatian serta bukti fisik berpengaruh terhadap kepuasan pasien rawat inap RSU Cut Meutia Aceh Utara. Dimensi jaminan memiliki pengaruh yang paling besar terhadap kepuasan pasien. Disarankan kepada RSU Cut Meutia Aceh Utara untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada pasien dengan memperhatikan dimensi kualitas pelayanan sehingga dapat meningkatkan kepuasan pasien, dimensi jaminan perlu menjadi perhatian khusus karena merupakan aspek paling dominan yang mempengaruhi kepuasan pasien.