Efektivitas Art Therapy Untuk Meningkatkan Ketrampilan Sosial Pada Anak Yang Mengalami Gangguan Perilaku

Main Author: Desvi Yanti Mukhtar
Other Authors: Dra. Muhana Sofiati Utami, M. S
Format: Masters
Bahasa: ind
Subjects:
Online Access: http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/7148
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas art therapy dalam meningkatkan ketrampilan sosial pada anak yang mengalami gangguan perilaku. Subjek penelitian adalah 31 satu anak yang memiliki karakteristik berikut: duduk di kelas IV - VI SD, mengalami gangguan perilaku kategori sedang sampai sangat tinggi, dan memiliki ketrampilan sosial kategori rendah sampai sangat rendah. Subjek penelitian diperoleh melalui skrining dengan menggunakan Skala Gangguan Perilaku dan Skala Ketrampilan Sosial. Subjek penelitian dibagi secara acak dalam dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen (n=16) dan kelompok kontrol (n=15). Kelompok eksperimen mendapat perlakuan berupa art therapy yang diberikan dalam 6 kali pertemuan, masing-masing pertemuan membutuhkan waktu 120 menit. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Skala Gangguan Perilaku dan Skala Ketrampilan Sosial yang disusun oleh peneliti, observasi, wawancara, dan hasil lukisan subjek. Skala Ketrampilan Sosial digunakan untuk mengungkap perubahan yang terjadi setelah pemberian perlakuan dan diuji dengan menggunakan uji-t sampel berpasangan dan analisis varians within subject.Hasil uji-t berpasangan menunjukkan bahwa pada kelompok eksperimen terdapat perbedaan yang signifikan antara skor ketrampilan sosial pada saat post test 1 dan post test 2 dibandingkan dengan saat pretest (thitung > tlabel 2,131 dan P < 0.05), sedangkan pada kelompok kontrol tidak ada perbedaan skor yang signifikan. Hasil anava menunjukkan nilai ratio F interaksi waktu dan kelompok (2,58) = 2,243 dan p > 0.05. Ini berarti, perbedaan skor ketrampilan sosial antara kelompok eksperimen dengan kelompok control tidak signifikan. Dengan demikian, hipotesis yang menyatakan bahwa art therapy efektif untuk meningkatkan ketrampilan sosial pada anak yang mengalami gangguan tidak terbukti. Hasil analisis data individual menunjukkan bahwa beberapa orang subjek mengalami peningkatan ketrampilan sosial dan rasa percaya diri.
  • 06004196