Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Flashdisk Merek Kingston pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas Sumatera Utara

Main Author: Astuti, Sri Wulan
Other Authors: Ginting, Liasta
Format: Bachelors application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Sumatera Utara , 2018
Subjects:
Online Access: http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/6936
Daftar Isi:
  • 140502071
  • The purpose of this research was to determine and analyze the influence of price, product quality and brand image on the purchase decisions of Kingston Flashdisk on Students of Faculty of Computer Science and Information Technology University of North Sumatera and to know and analyze the most dominant factor to influence purchase decisions. The research was conducted on college students Faculty of Computer Science and Information Technology University of North Sumatera. The population in this research were the student Faculty of Computer Science and Information Technology University of North Sumatera that are still active in 2014 until 2017. Data analyzing method is by using descriptive analyzing method and multiple linear regression. This research is study associative, and this research is using primary and secondary data which was obtained by documentation study and quesionnaire whose measurement is using likert differential scale. Data was processed statistically by using SPSS for windows, namely T-test, F-Test, and identification of the determinant (R2). As the result of this research, based on Simultaneous test, it is proved that the factor of price, product quality and brand image have a positive and significant influence on purchase decision of Kingston Flashdisk on students of Faculty of Computer Science and Information Technology University of North Sumatera. Partially, product quality and brand image each have a significant and positive effects on purchase decision but price have not significant and positive. Product Quality the most dominant variable influencing the purchase decision of Kingston Flashdisk on Students of Faculty of Computer Science and Information Technology University of North Sumatera. The value of Adjusted R Square = 0,407, means the variability of dependent variable explained by independent variables price, product quality and brand image are 40,7%, while the remaining are 59,3% was explained by others variables which were not examined in this research.
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Flashdisk Merek Kingston pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas Sumatera Utara dan juga untuk mengetahui dan menganalisis faktor yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian. Penelitian ini dilakukan pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas Sumatera Utara. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas Sumatera Utara yang masih aktif pada tahun 2014-2017 yang pernah membeli dan menggunakan Flashdisk Merek Kingston. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dan metode analisis regresi linier berganda. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif, dan data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder yang diperoleh melalui studi dokumentasi dan daftar pertanyaan yang pengukurannya menggunakan skala likert. Data diolah secara statistik dengan program SPSS for windows, yaitu model uji t, uji f, dan koefisien determinan (R2). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara serempak Harga, Kualitas Produk dan Citra Merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Flashdisk Merek Kingston pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas Sumatera Utara. Secara parsial, masing-masing variabel Kualitas Produk dan Citra Merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian sedangkan variabel Harga berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Kualitas Produk merupakan variabel yang paling dominan mempengaruhi Keputusan Pembelian Flashdisk Merek Kingston pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas Sumatera Utara. Nilai Adjusted R Square sebesar 0,407 yang berarti variabilitas variabel terikat yang dapat dijelaskan oleh variabel bebas yaitu Harga, Kualitas Produk dan Citra Merek adalah sebesar 40,7% sedangkan sisanya sebesar 59,3% dapat dijelaskan oleh variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini.