Analisis Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Ruang Terbuka Hijau di Kota Medan (Studi Kasus: Taman Lapangan Merdeka)

Main Author: Syahputra, M. Danil
Other Authors: Rujiman
Format: Bachelors application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Sumatera Utara , 2018
Subjects:
Online Access: http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/5990
Daftar Isi:
  • 140501126
  • This study aims to analyze the level of community satisfaction on the quality of service at Taman Lapangan Merdeka and analyze the service attributes that must be improved by the officers in improving service performance. Data were obtained from 93 visitors of Taman Lapangan Merdeka. Tests using six indicators of tangible, reliability, responsiveness, assurance, empathy, and the satisfaction of the people. The analysis method used is descriptive analysis, Customer Satisfaction Index (CSI), Importance Performance Analyist (IPA).Based on the analysis of the level of community satisfaction on the service in Taman Lapangan Merdeka is satisfied that is the percentage of 72.75% which means that the community is satisfied with the service at Taman Lapangan Merdeka. Meanwhile, to improve the satisfaction of the community then the manager must improve performance on the attributes of the availability of facilities, the condition of the park is maintained and maintained, neatness and cleanliness of the park.
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan masyarakat terhadapkualitas pelayanan pada Taman Lapangan Merdeka dan menganalisis atribut pelayanan yang harus diperbaiki oleh pihak petugas dalam meningkatkan kinerja pelayanan. Data diperoleh dari 93 orang responden di Taman Lapangan Merdeka. Pengujian menggunakan 6 indikator yaitu wujud fisik (tangible), kehandalan (reliability), ketanggapan (responsiveness), jaminan (assurance), empati (emphaty), dan kepuasan masyarakat. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, Customer Satisfaction Index (CSI), Importance Performance Analysist (IPA). Berdasarkan analisis tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan di Taman Lapangan Merdeka adalah puas yaitu dengan persentase sebesar 72,75% yang artinya bahwa masyarakat merasa puas terhadap pelayanan di Taman Lapangan Merdeka. Sedangkan untuk meningkatkan kepuasan masyarakat maka pihak pengelola harus meningkatkan kinerja pada atribut ketersediaan fasilitas, kondisi taman yang terawat dan terjaga, kerapian dan kebersihan taman.