Pengaruh Tagline dan Brand Ambassador Terhadap Brand Awareness Produk Wardah Kosmetik (Studi pada Mahasiswi (S1) FISIP Universitas Medan Area)

Main Author: Aprilia, Debby
Other Authors: Hidayati, Hosianna Ayu
Format: Bachelors application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Sumatera Utara , 2018
Subjects:
Online Access: http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/5453
Daftar Isi:
  • 140907065
  • Setiap perusahaan selalu berupaya untuk meningkatkan strategi pemasaran produknya guna mencapai tujuan perusahaan dalam meningkatkan penjualan, yaitu dengan cara menanamkan brand awareness produknya kepada calon konsumen. Brand awareness sangat penting agar masyarakat tetap menyadari dan mengetahui merek dari suatu produk. Penggunaan tagline dan brand ambassador biasanya diterapkan perusahaan dalam setiap kampanye iklan produk agar meningkatkan brand awareness produk di benak konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh tagline terhadap brand awareness produk Wardah kosmetik. (2) pengaruh brand ambassador terhadap brand awareness produk Wardah kosmetik. (3) pengaruh tagline dan brand ambassador terhadap brand awareness produk Wardah kosmetik. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif dan menggunakan data primer atau kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswi (S1) FISIP Universitas Medan Area yang menggunakan produk Wardah kosmetik. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 96 responden. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling, yaitu purposive sampling. Skala yang digunakan adalah skala likert. Data diolah dengan metode analisis deskriptif dan metode regresi berganda. Hasil dari perhitungan koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa tagline dan brand ambassador memiliki pengaruh positif dan berkontribusi secara bersama-sama sebesar 34,2% terhadap variabel brand awareness dan sisanya 65,8% dipengaruhi faktor-faktor lain diluar dari penelitian ini.
  • Every company is always trying to improve its product marketing strategy in order to achieve the company's goal in increasing sales, that is by inculcating the brand awareness of its products to potential customer. Brand awareness is so important that people remain aware and know the brand of a product. The use of tagline and brand ambassador is usually applied by the company in every product advertisement campaign to increase brand awareness of product in consumer mind. This research aims to know: (1) effect of tagline on the brand awareness of cosmetic Wardah Product.(2) effect of brand ambassadoron the brand awareness of cosmetic Wardah products.(3) effect of tagline and brand ambassadoron the brand awareness of cosmetic Wardah products. This research used quantitative research with associative approach and using primary data or questionnaire.The population in this research is female students (S1) of Faculty of social sciences and political science University of Medan Area that used cosmetic Wardah product. The number of samples used are 96 respondents.The sampling method used non probability sampling techniques which is purposive sampling. The scale used is Likert scale. Data is processed by descriptive analysis method and multiple regression method. The result of calculation of coefficient of determination (R2) shows that tagline and brand ambassador have positive influence and contribute together equal to 34,2% to brand awareness variable and the rest 65,8% influenced by other factors that not examined in this research.