Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Laptop ASUS (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas Sumatera Utara)
Main Author: | Silitonga, Jonatan |
---|---|
Other Authors: | Rumapea, Melanthon |
Format: | Bachelors application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Sumatera Utara
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/5440 |
Daftar Isi:
- 110907040
- Dalam dunia bisnis, persaingan merupakan hal yang sering terjadi. Dalam menghadapi persaingan, maka perusahaan berlomba- lomba menciptakan produk yang dibutuhkan dan sesuai dengan keinginan pasar. Laptop merupakan produk yang sangat dibutuhkan di jaman modern ini. Laptop memiliki banyak fungsi diantaranya sebagai sarana informasi, pengolahan data, sarana telekomunikasi, dan banyak lagi fungsi lainnya yang diperlukan pada bermacam- macam bidang.. Dengan mudahnya akses informasi, konsumen lebih mudah dalam memilih produk dan mengambil keputusan dalam pembelian produk. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui pengaruh ekuitas merek yang terdiri dari kesadaran merek(X1), asosiasi merek(X2),kesan kualitas(X3),loyalitas merek(X4), secara simultan dan parsial terhadap keputusan pembelian (Y) pada mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi (FASILKOM-TI) USU. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa FASILKOM-TI USU yang memiliki laptop ASUS. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 94 orang. Bentuk pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling dengan teknik snowball sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah data primer yang terdiri dari kuesioner serta data sekunder yaitu studi kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji instrumen (validitas dan reliabilitas) dan analisis data yang terdiri dari uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji hipotesis (uji F dan uji t), dan uji koefisien determinasi (R2). Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan variabel experiential marketing yang terdiri dari kesadaran merek(X1), asosiasi merek(X2),kesan kualitas(X3),danloyalitas merek(X4) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) pada mahasiswa FASILKOM-TI USU.Secara parsial variabel experiential marketing yang terdiri dari kesadaran merek(X1) danasosiasi merek(X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) sedangkan kesan kualitas(X3),loyalitas merek(X4) tidak berpengaruh positif dan signifikan. Nilai Adjusted R Square yang diperoleh sebesar 0,595menunjukkan bahwa variabel bebas experiential marketing yang terdiri dari dari kesadaran merek, asosiasi merek,kesan kualitas,danloyalitas merekmampu menjelaskan variabel terikat yakni keputusan pembelian sebesar 59,5% sedangkan sisanya 40,5% dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.