Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Main Author: | Julita |
---|---|
Other Authors: | Rismayani |
Format: | Masters |
Bahasa: | ind |
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/4295 |
Daftar Isi:
- Salah satu fakultas unggulan dari UMSU adalah Fakultas Ekonomi yang memiliki jumlah mahasiswa terbesar dibanding fakultas lainnya. Walaupun Fakultas Ekonomi memiliki jumlah mahasiswa terbesar, perkembangan jumlan mahasiswa baru setiap tahunnya tidak terlihat mengalami peningkatan,sehingga diduga bahwa "kualitas pelayanan yang diberikan oleh Fakultas Ekonomi UMSU berpengaruh terhadap tingkat kepuasan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis sampaisejauh mana pengaruh kualitas pelavanan yang diberikan Fakultas Ekonomi UMSU terhadap kepuasan yang diterima oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi UMSU serta mengetahui faktor-faktor pelayanan yangdapat mempengaruhi kepuasan mahasiswa Fakultas Ekonomi UMSU. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner kepada 315 mahasiswa yang menjadi sampel penelitian yang terdiri dari mahasiswa dari 4 jurusan yang ada di Fakultas Ekonomi UMSU, selanjutnya data terkumpul dianalisis dengan analisis deskriptif dan regressi berganda untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil analisis deskriptif diperoleh secara rata-rata mahasiswa menilai kualitas pelayanan yang diberikan Fakultas Ekonomi UMSU adalahbiasa-biasa seja (cukup). Hasil penelitian ini secara simultan menunjukkan kualitas pelayanan (bukti langsung, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati), di Fakultas Ekonomi UMSU berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa. Sedangkan secara parsial hanya dimensi empati dan jaminan yang mempengaruhi kepuasan mahasiswa.
- D0400285