Analisis Pengaruh Proses Bisnis Internal Terhadap Kinerja Keuangan pada Stasiun Radio Siaran Swasta FM Surabaya dan Sekitarnya
Main Author: | Absah, Yeni |
---|---|
Format: | Masters |
Bahasa: | ind |
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/4034 |
Daftar Isi:
- Kemajuan teknologi informasi telah menyerbu ke seluruh pelosok dunia. Nyaris segala denyut perkembangan di manapun di dunia ini bisa diketahui lewat berbagai media massa yang ada seperti radio, televisi, surat kabar, buku, majalah, dsb. Radio siaran merupakan salah satu media komunikasi massa. Pengelolaan secara profesional terhadap stasiun radio bisa menjadikan stasiun radio sebagai lahan bisnis, dan bukan hanya sekedar hobi atau kegiatan sampingan belaka. Agar mampu memenangkan persaingan, stasiun radio harus memiliki keunggulan strategis (competitive advantages). Kinerja perusahaan harus terus ditingkatkan. Balance Scorecard merupakan salah satu metode pengukuran kinerja paling komprehensif. Untuk melihat pengaruh proses bisnis internal terhadap kinerja keuangan maka dilakukan penelitian terhadap 18 stasiun radio siaran swasta FM di Surabaya, Sidoarjo dan Malang yang menjadi anggota PRSSNI. Metode sampling yang digunakan adalah metode sensus atau somplate enumeration, dimana semua anggota populasi diambil sebagai subjek penelitian.. Model analisis yang dipergunakan adalah regresi linier berganda dengan satu variabel tidak bebas (Y) yaitu Return on Investment dan tujuh variabel bebas yang terdiri dari : Pengembangan Program (R&D) (XI), Ketertarikan (Respon) Terhadap Program Interaktif (X2), Kualitas Siaran (X3), Fleksibilitas Operasi (X4), Teknologi dan Peralatan (X5), Hubungan Dengan Konsumen (X6), dan Tanggung Jawab Kepada Publik (X7). Adapun hasil yang diperoleh sebagai berikut: 1. Faktor-faktor proses bisnis internal yang meliputi : pengembangan program (R&D) (XI), ketertarikan (respon) terhadap program interaktif (X2), kualitas siaran (X3), fleksibilitas operasi (X4), teknologi dan peralatan (X5), hubungan dengan konsumen (X6), tanggung jawab kepada publik (X7) secara simultan mempunyai pengaruli signifikan (nyata) terhadap tingkat Return on Investment (ROI) pada stasiun radio siaran swasta FM Surabaya dan sekitarnya. Hal ini didasarkan pada hasil F statistik sebesar 16,524 dengan tingkat sig.F = 0,0000 serta hasil nilai koefisien determinasi berganda (R2) = 0,920 atau 92,0%. 2. Faktor-faktor proses bisnis internal yang meliputi : pengembangan program (R&D) (XI), ketertarikan (respon) terhadap program interaktif (X2), kualitas siaran (X3), fleksibilitas operasi (X4), teknologi dan peralatan (X5), hubungan dengan konsumen (X6), tanggung jawab kepada publik (X7) secara parsial mempunyai pengaruli signifikan (nyata) terhadap tingkat Return on Investment (ROI) pada stasiun radio siaran swasta FM Surabaya dan sekitarnya. 3. Dari hasil analisi regresi linier berganda diperoleh persamaan sebagai berikut: Y = 0.241 + 0.006151X1 + 0:002630X2 - 0.0181X3 + 0.005830X4 +0.004975X5 + 0.01648X6 - 0.0138X7 + e
- 099812964