Perilaku Anggota Kelompok Pemakai Air (POKMAIR) Dalam Pengelolaan Sarana Air Bersih Di Kecamatan Pelepat Ilir Kabupaten Bungo Propinsi Jambi Tahun 2003

Main Author: Asmustawa
Other Authors: Dharma, Surya, Sembiring, Nasap
Format: Student Papers
Bahasa: ind
Subjects:
Online Access: http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/32020
Daftar Isi:
  • Pada dekade terakhir ini telah terjadi pergeseran pandangan, yaitu dari pandangan bahwa kesehatan merupakan fenomena medis, pandangan bahwa kesehatan juga merupakan suatu fenomena sosial. Karena dimasa lampau derajat kesehatan dianggap sebagai hasil pelayanan kesehatan semata sehingga hanya petugas kesehatan lah dianggap berjasa. Dengan berkembangnya pandangan bahwa kesehatan juga merupakan suatu fenomena sosial, maka disadari pelayanan kesehatan bukan satu-satunya faktor yang berpengaruh terhadap derajat kesehatan, melainkan dipengaruhi oleh faktor perilaku dan lingkungan dimana pengaruhnya jauh lebih besar. gali.Tujuan pene pengetahuan,sikap Lubuk dan Muara anggota kelompok dalam bentuk tabel Dari hasi Metode penelitian bersifat survey deskriptif sederhana dengan wawancara terpimpin menggunakan kuesioner kepada 93 responden di desa Lubuk dan 48 responden di desa Muara Kuamang selaku anggota kelompok pemakai air dalam pengelolaan sarana air bersih dan observasi menggunakan formulir inspeksi sanitasi terhadap sumur gali. Di desa Lubuk 53 sumur gali, di desa Muara Kuamang 27 sumur itian untuk mendapatkan gambaran perlaku berdasarkan dan tindakan/praktek anggota kelompok pemakai air di desa Kuamang. Penelitian ini memberikan gambaran tentang perilaku pemakai air dalam pengelolaan sarana air bersih yang diuraikan distribusi frekuensi dan narasi, penelitian diperoleh gambaran perilaku anggota kelompok pemakai air dalam mengelola sarana air bersih, di desa Lubuk sebagian besar pengetahuan respo nden kategori baik 96,4%, sikap responden kategori baik 98,8%, tindakan/praktek responden kategori sedang 57,8%, sedangkan di desa Muara Kuamang sebagian besar pengetahuan responden kategori baik 100%, sikap responden kategori baik 100%, tindakan/praktek responden kategori sedang 72,9%. Perilaku anggota kelompok pemakai air masih pasif, hal ini disebabkan kurangnya waktu untuk mengelola sarana air bersih dan rendahnya pendapatan kepala keluarga selaku anggota kelompok pemakai air. Diharapkan pengelolaan sarana air bersih aktif terorganisir dengan jalan agar pengurus kelompok pemakai air dipilih dari keluarga dan tidak mengganggu pekerjaan sehari-hari serta mengaktifkan pengumpulan iuran bulanan dilakukan dengan : arisan, jimpitan, setoran hasil bumi dan sumbangan sukarela anggota yang mampu.
  • 011000164