Implementasi Prinsip-Prinsip Good Governance Dalam Meningkatkan Kinerja Organisasi Pelayanan Publik Pada Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Binjai
Main Author: | Samosir, Hot Maringan |
---|---|
Other Authors: | Eriza, Faisal |
Format: | Student Papers |
Bahasa: | ind |
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/28856 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi prinsipprinsip good governance dalam meningkatkan kinerja aparatur pelayanan publik pada Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Binjai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode deskriptif yaitu suatu metode yang memusatkan perhatian pada masalah-masalah atas fenomena-fenomena yang ada pada saat penelitian dilakukan atau masalah yang bersifat aktual, kemudian menggambarkan fakta-fakta tentang masalah yang diselidiki diiringi dengan interpretasi rasional yang akurat. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan informan kunci (key informan) dan informan biasa. Informan kunci adalah informan yang mengetahui secara mendalam mengenai permasalahan yang sedang diteliti, sedangkan informan biasa adalah informan yang memberikan informasi yang ditentukan dengan dasar pertimbangan mengetahui dan berhubungan dengan permasalahan saja. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini melalui dua cara, antara lain melalui data sekunder yaitu kegiatan penelitian yang dilakukan dengan cara menelaah sejumlah buku, karya ilmiah, dan dokumen/arsip yang berhubungan dengan masalah yang diteliti. Sedangkan data primer yaitu data yang langsung diperoleh dari lapangan, yang diperoleh melalui: (a) Observasi yaitu melakukan pengamatan langsung terhadap objek penelitian dan (b) Wawancara, yaitu mendapatkan data dengan cara mewancarai informan kunci dan informan biasa. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisa data kualitatif. Teknik analisa data kualitatif adalah teknik analisa yang didasarkan atas kemampuan nalar penulis dalam menginterpretasikan fakta, data dan informasi. Teknik analisa data kualitatif menyajikan data kalitatif yang dikumpulkan melalui teknik pengumplan data kualitatif seperti keterangan dari informan dan hasil dokumentasi, sesuai dengan indikator-indikator model implementasi yang digunakan. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa implementasi prinsip-prinsip good governance dalam meningkatkan kinerja organisasi pelayanan publik di Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Binjai telah memberikan perubahan dan peningkatan yang cukp signifikan terutama dalam hal peningkatan kualitas pelayanan publik dalam hal perizinan kepada masyarakat. Implementasi prinsip-prinsip good governance seperti legalitas hukum (rule of law), kesederhanaan proses, transparansi informasi dan kejelasan informasi, serta sumber daya aparatur yang memadai telah memberikan suatu terobosan bagi khazanah pelayanan publik yang prima bagi masyarakat.
- 090921011