Pengaruh Penerapan Prinsip-Prinsip Good Governance Terhadap Pelayanan Publik (Studi Pada Kantor Samsat Medan Selatan)
Main Author: | Simarmata, Tantri Batara |
---|---|
Other Authors: | Nasution, M. Husni Thamrin |
Format: | Student Papers |
Bahasa: | ind |
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/27629 |
Daftar Isi:
- Tujuan reformasi yang menginginkan penguatan peranan masyarakat dalam penerapan demokrasi tidak akan tercapai jika tidak didukung oleh suatu pemerintahan yang baik.Oleh sebab itu diperlukan sebuah tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) yang mendukung tujuan daripada reformasi tersebut sehingga tercipta suatu pemerintahan yang kredibel dan dapat dipertanggungjawabkan. Good Governance adalah proses penyelenggaraan pemerintahan yang bersih, transparan, akuntabel oleh organisasi-organisasi pemerintah seperti organisasi public pemerintah. Di dalam Good Governance, terdapat prinsip diantaranya prinsip akuntabilitas, transparansi, responsivitas, partisipasi dan keadilan. Seiring dengan perkembangan, fungsi pemerintahan ikut berkembang, dahulu fungsi pemerintah hanya membuat dan mempertahankan hukum, akan tetapi pemerintah tidak hanya melaksanakan undang-undang tetapi berfungsi juga untuk merealisasikan kehendak negara dan menyelenggarakan kepentingan umum (public service). Perubahan paradigma pemerintahan dari penguasa menjadi pelayanan, pada dasarnya pemerintah berkeinginan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan penerapan prinsip-prinsip good governance terhadap pelayanan publik. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional, yaitu penelitian yang tujuannya adalah untuk melihat apakah ada pengaruh variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y) untuk melihat apakah ada pengaruh pelaksanaan Good Governance terhadap pelayanan publik di Kantor Samsat Medan Selatan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 pegawai. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis penelitian menggunakan analisis korelasi product moment Pearson, uji t dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan prinsip-prinsip good governance memiliki hubungan yang sangat kuat/sangat tinggi dengan pelayanan publik di kantor Samsat. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan dimana r = 0,84. Ini menunjukkan adanya hubungan yang positif antara penerapan prinsip-prinsip good governance dengan pelayanan publik, dimana nilai kritiknya pada taraf signifikan 5% adalah 0,291. Sementara koefisien determinan diperoleh sebesar 70,56%. Hal ini menunjukkan tingkat pelayanan publik Samsat Medan Selatan dipengaruhi oleh penerapan prinsip-prinsip good local governance sebesar 70,56% sementara 29,44% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini.
- 060903025