Makna Corporate Social Responsibilty Bagi Penerima Bantuan Corporate Social Responsibilty PT. Pertamina ( Studi Pendekatan Konstruktivis Makna Corporate Social Responsibilty (CSR) “Cerdas Bersama Pertamina” Bagi Penerima Bantuan Beasiswa)
Main Author: | Sutanto, Andrye |
---|---|
Other Authors: | Pohan, Syafruddin |
Format: | Student Papers |
Bahasa: | ind |
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/25444 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini berjudul Makna Corporate Social Responsibility Bagi Penerima Bantuan Corporate Social Responsibility PT. Pertamina ( Studi Pendekatan Konstruktivis Makna Corporate Social Responsibilty (CSR) “Cerdas Bersama Pertamina” Bagi Penerima Bantuan Beasiswa) Peneliti mengambil program corporate social responsibility PT. Pertamina (Persero) Pemasaran BBM Retail Region I Medan, karena PT. Pertamina memiliki pengalaman yang cukup memumpuni pada bidangnya dan berpengalaman dalam program-program CSR di Indonesia. Perumusan masalah pada penelitian ini adalah ” Bagaimanakah Makna Corporate Social Responsibilty (CSR) “Cerdas Bersama Pertamina” Bagi Penerima Bantuan Beasiswa?”. Tujuan utama dari penelitian ini adalah memberikan deskripsi tentang makna Corporate Social Responsibility PT. Pertamina bagi penerima bantuan CSR. Adapaun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melalui dua cara, yaitu Penelitian Kepustakaan (Library Research) dan Penelitian Lapangan (Field Research) dengan narasumber yang digunakan peneliti adalah pendapat individu, dalam hal ini dari pihak Managemen terkait dengan program bantuan beasiswa Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Pertamina dan pendapat individu masyarakat (Wakil Kepala I, siswa SMK Negeri 5 Medan, dan Camat Medan Timur) mengenai kepuasan terhadap program bantuan beasiswa Corporate Social Responsibility (CSR) yang telah dijalankan PT. Pertamina (Persero) Pemasaran BBM Retail Region I Medan. Tipe penelitian ini bersifat deskriptif dengan metode kualitatif. Sumber data diperoleh dari wawancara dengan teknik trianggulasi, yaitu teknik pengecekan keabsahan data yang didasarkan pada sesuatu di luar data untuk keperluan mengecek atau sebagai pembanding tehadap data yang telah ada. Trianggulasi yang digunakan adalah trianggulasi sumber. Tahap trianggulasi yang dilakukan dengan cara mengumpulkan semua informasi seperti wawancara mendalam (in depth interview) yang diperoleh dari beberapa sumber data atau informan. Dari hasil penelitian diketahui, bahwa: 1. Corporate Social Responsibility (CSR ) yang dilakukan oleh sebuah perusahaan adalah suatu keharusan sebagai program tanggung jawab sosial terhadap masyarakat. 2. Para siswa menyambut baik beasiswa yang diberikan oleh PT.Pertamina dan kriteria pemilihan berdasarkan prestasi dan keadaan ekonoomi yang kuang baik siswa. 3. Berdasarkan wawancara, ke- 7 (tujuh) .orang informan maknai bantuan CSR yang diberikan oleh pertamina sangat baik sehiungga PT. Pertamina memilki tempat tersendiri bagi penerima bantuan khususnya beasiswa “Cerdas Bersma Pertamina”. 4. Corporate Social Responsibility (CSR ) yang telah berjalan sedah dilakukan dengan baik, tetapi masih harus ditingkatkan lagi dalam pembuatan progam-program Corporate Social Responsibility (CSR yang sudah berjan.
- 070904070