Objektivitas Pemberitaan Media Cetak (Studi Analisis Isi Objektivitas Pemberitaan Kandidat Calon Walikota dan Wakil Walikota pada Pilkada Kota Medan 2010 di Harian Analisa dan Harian Waspada)
Main Author: | Vahluvi, Wina |
---|---|
Other Authors: | Harahap, Hendra |
Format: | Student Papers |
Bahasa: | ind |
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/23154 |
Daftar Isi:
- Skripsi ini berjudul Objektivitas Pemberitaan Media Cetak (Studi Analisis Isi Objektivitas Pemberitaan Kandidat Calon Walikota dan Wakil Walikota pada Pilkada Kota Medan 2010 di Harian Analisa dan Harian Waspada). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui objektivitas pemberitaan mengenai kandidat pasangan calon walikota dan wakil walikota Kota Medan pada masa kampanye di dua harian besar di Kota Medan, yaitu harian Analisa dan harian Waspada. Objektivitas isi dilihat pada harian Analisa dan Waspada di ukur dengan beberapa variabel yaitu, kategori objektivitas berita berdasarkan faktualitas, yakni melihat dari sisi muatan isi berita yang terdiri dari kelengkapan elemen berita dan narasumber yang dimuat, yang terdiri dari kategori kebenaran yang meliputi fakta sosiologis (kelengkapan 5W dan 1H), fakta psikologis (narasumber), dan cek dan ricek. Kategori relevansi yang terdiri dari keaktualan isi berita. Selanjutnya katagori objektivitas berita berdasarkan impartialitas yang terdiri dari keseimbangan yaitu peliputan dua sisi (cover both side) dan netralitas yaitu pencampuran fakta dan opini. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah berita kampanye pada tanggal 27 April sampai 8 Mei 2010, di dua harian yaitu Analisa dan Waspada, 45 item berita pada harian Analisa dan 50 item berita pada harian Waspada. Penggunaan media massa dinilai memiliki andil yang sangat besar dalam menghantarkan calon walikota dan wakil walikota dalam memenangkan pilkada. Karena hanya lewat media inilah khalayak dalan jumlah besar dapat diraih, surat kabar melalui fungsinya sebagai saluran informasi dapat menyebarluaskan pesan-pesan politik, yaitu berupa visi dan misi para calon sekaligus mengenalkan sosok calon tersebut kepada masyarakat dengan harapan target suara pada saat pemilihan berlangsung. Isi berita sebenarnya tidak lepas dari bagaimana orang-orang media/wartawan memproduksi berita. Pada dasarnya isi berita adalah produk dari proses bagaimana wartawan mempresentasikan sesuatu dari hasil temuan di lapangan dan interaksi dengan sumber berita. Kemudian dalam penyajiannya, terdapat pertimbangan faktor seleksi dan penonjolan isi berita mana yang layak ditampilkan.
- 050904062