Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna terhadap Layanan Perpustakaan dengan Menggunakan Metode LibQual (Studi Kasus pada Perpustakaan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh)
Main Author: | Siahaan, Fajar Alam |
---|---|
Other Authors: | Zainuddin, Zaslina, Ishak |
Format: | Student Papers |
Bahasa: | ind |
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/21536 |
Daftar Isi:
- Siahaan, Fajar Alam. 2010. Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna terhadap Layanan Perpustakaan dengan Menggunakan Metode LibQual (Studi Kasus pada Perpustakaan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh). Penelitian ini dilakukan di perpustakaan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh pada bulan Juni 2010. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna terhadap layanan perpustakaan pada perpustakaan Universitas Syiah Kuala berdasarkan harapan dan persepsi pengguna. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis yang bertujuan mendeskripsikan karakteristik dari kualitas layanan perpustakaan. Metode LibQual+TM digunakan untuk mengukur kualitas layanan perpustakaan berdasarkan tiga dimensi yang dijadikan indikator pengukuran yaitu Affect of Service (sikap petugas perpustakaan dalam melayani pengguna), Information Control (ketersediaan koleksi dan kemudahan akses informasi) dan Library as Place (perpustakaan sebagai sebuah tempat). Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa yang menjadi anggota perpustakaan UNSYIAH sebanyak 2.008 orang dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah 95 orang responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Berdasarkan dimensi kualitas layanan, dimensi Affect of Service menunjukkan bahwa layanan yang diberikan belum memenuhi harapan pengguna, dimensi Information Control menunjukkan pengguna puas dengan layanan yang diberikan dan dimensi Library as Place menunjukkan pengguna puas dengan layanan yang diberikan. Analisis berdasarkan kelompok fakultas responden, menunjukkan pengguna dari kelompok fakultas FISIP, Pertanian, Hukum, Ekonomi, FKIP, Teknik dan Kedokteran menyatakan sangat puas terhadap layanan yang diberikan sedangkan pengguna dari kelompok fakultas MIPA dan Kedokteran Hewan merasa kurang puas terhadap layanan yang diterima. Analisis secara umum, kualitas layanan di perpustakaan UNSYIAH telah memenuhi harapan pengguna, atau pengguna puas terhadap layanan yang diterimanya. Tingkat kepuasan pengguna berdasarkan kesenjangan (gap) antara persepsi dan harapan responden menunjukkan bahwa kualitas layanan perpustakaan UNSYIAH dinilai baik, berada pada “zone of tolerance”, dimana kualitas layanan berada diantara tingkat harapan minimum yang dapat diterima dan tingkat harapan yang diinginkan (desired).
- 050709041