Analisis Pengaruh Respon Lingkungan Berbelanja Terhadap Pembelian Tidak Terencana (Impulsive Buying) Pada Matahari Departemen Store Plaza Medan Fair

Main Author: Tambunan, Ceria Natalia
Other Authors: Fawzeea, Beby Karina
Format: Student Papers
Bahasa: ind
Subjects:
Online Access: http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/18469
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh respon lingkungan berbelanja, yang terdiri dari kesenangan (pleasure), kegairahan (arousal), dan dominasi (dominance) terhadap pembelian tidak terencana (impulsive buying) pada Matahari Departemen Store Plaza Medan Fair. Populasi penelitian ini adalah seluruh pembeli yang melakukan transaksi pembelian di Matahari Departemen Store Plaza Medan Fair pada bulan April 2010, dimana jumlahnya tidak terbatas sehingga menggunakan rumus Supramono dan Haryanto yang menghasilkan sampel sebanyak 96 responden. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode accidental sampling, yaitu metode pengambilan sampel berdasarkan kebetulan, dalam arti pembeli yang kebetulan melakukan transaksi pembelian minimal tiga kali selama seumur hidup di Matahari Departemen Store Plaza Medan Fair. Karakteristik dalam pengambilan sampel ini adalah pembeli yang berusia minimal 17 tahun. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dan metode analisis kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer berupa kuesioner dan data sekunder berupa studi dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dengan pengukuran skala Likert dan diolah secara statistik dengan program SPSS 15.0 for windows pada uji asumsi klasik, metode analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa variabel kesenangan (pleasure), variabel kegairahan (arousal), dan variabel dominasi (dominance) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian tidak terencana (impulsive buying). Secara parsial dapat dilihat bahwa variabel kesenangan (pleasure) berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap pembelian tidak terencana (impulsive buying). Variabel dominasi (dominance) adalah variabel yang berpengaruh paling dominan terhadap pembelian tidak terencana (impulsive buying). Nilai Adjusted R Square = 0.805, berarti 80.5% faktor-faktor pembelian tidak terencana (impulsive buying) dapat dijelaskan oleh variabel kesenangan (pleasure), variabel kegairahan (arousal), dan variabel dominasi (dominance), sedangkan sisanya 19.5% dapat dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti.
  • 060502150