Tingkat Kepuasan PadaPasienDalamPelayanan Kesehatan Setelah Pencabutan Gigi di Puskesmas Polonia, Padang Bulan, Selayang II Kota Medan PeriodeMaret – AprilTahun 2017

Main Author: Sihombing, Jelika Murni
Other Authors: Rusdy, Hendry
Format: Bachelors application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://202.0.107.133/handle/123456789/1614
Daftar Isi:
  • 130600035
  • Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) adalah salah satu sarana pelayanan kesehatan masyarakat yang amat penting di Indonesia,Salah satu tindakan perawatan gigi di Puskesmas adalah ekstraksi gigi. Ekstraksi gigi adalah proses mengeluarkan seluruh bagian gigi bersama jaringan patologisnya dari dalam soket gigi dan menanggulangi komplikasi yang mungkin terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan penanganan pencabutan gigi di Puskesmas Polonia, Puskesmas Padang Bulan, Puskesmas Padang Bulan Selayang II. Jenis penelitian ini adalah survei deskriptif, teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Accidental sampling, pengumpulan data dengan membagikan kuesioner yang menggunakan Skala Likert yaitu sangat tidak puas, tidak puas, cukup puas, puas dan sangat puas. Hasil penelitian diperoleh tingkat kepuasan pasien dalam penanganan pencabutan gigi di Puskesmas Polonia 66,6%, Puskesmas Padang Bulan 54,3%, Selyang II 77,8 %. kepuasan pasien terhadap mutu Pelayanan poli gigi Puskesmas Polonia, Padang Bulan, Selayang II terhadap penanganan Pencabutan gigi berdasarkan kelima dimensi yang diteliti yaitu dimensi kehandalan, dimensi daya tanggap, dimensi empati, dimensi jaminan dan dimensi tampilan fisik memberikan gambaran bahwa pasien merasa puas terhadap mutu Pelayanan poli gigi Puskesmas tersebut.