Persepsi Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Pasca Pemekaran Kecamatan (Studi Diskriptif di Kecamatan Pining Kabupaten Gayo Lues NAD)

Main Author: Habibi
Other Authors: Drs. Henry Sitorus, M.Si
Format: Student Papers
Bahasa: ind
Subjects:
Online Access: http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/14993
Daftar Isi:
  • Pada saat ini pemerintah banyak mendapat sorotan publik terutama dalam hal pelayanan. Masyarakat Indonesia semakin kritis dan menginginkan pelayanan yang maksimal dari pemerintah. Mereka menuntut pelayanan yang efektif dalam berbagai hal. Tidak hanya di pusat pemerintahan, di semua tingkat pemerintahan dari pusat sampai kelurahan mendapatkan tuntutan yang sama dari publik yaitu pelayanan yang efektif. Disamping itu diasumsikan bahwa pelayanan yang baik sangat diharapkan untuk mensejahterakan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap pelayanan publik di Kecamatan Pining Kabupaten Gayo Lues, NAD. Untuk memperoleh data sesuai dengan penelitian, digunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah penyebaran koesioner kepada 92 responden. Adapun penentuan jumlah sample berdasarkan rumus Taro Yamane serta teknik pengambilan sample yaitu metode stratified random sampling proporsional. Sedangkan untuk analisis datanya digunakan tebel tunggal serta analisis data. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi masyarakat mengenai pelayanan publik belum dapat memenuhi kualitas yang diharapkan masyarakat. Hal ini ditandai dengan masih adanya berbagai keluhan masyarakat, sehingga dapat menimbulkan citra yang kurang baik terhadap aparatur pemerintah. Mengingat fungsi utama pemerintah adalah melayani masyarakat maka pemerintah perlu terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan.
  • 10E00122