Pengaruh Kualitas Layamam, Fasilitas dan Lokasi Terhadap Keputusan Konsumen Berkunjung di Pemandian Air Panas (Studi pada Pemandian Air Panas Boli-boli Café Sipoholon, Tapanuli Utara)

Main Author: Simanjuntak, Reliaman
Other Authors: Nasution, Beti
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Sumatera Utara , 2019
Subjects:
Online Access: http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/14629
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh tingkat pertumbuhan penyediaan layanan pemandian air panas di Tapanuli Utara yang tinggi yang tidak diimbangi dengan peningkatan jumlah wisatawan yang seimbang. Hal ini tentu saja akan mempengaruhi jumlah pengunjung yang mendatangi lokasi pemandian air panas. Penyedia layanan pemandian air panas harus menyiapkan strategi terbaik untuk menarik konsumen , karena dengan munculnya penyedian layanan pemandian air panas baru maka konsumen menjadi semakin memiliki banyak pilihan. Pemandian air panas Boli-boli Café Sipoholon merupakan salah satu penyedia layanan pemandian air panas yang terkena imbas dari ketidakseimbangan tersebut. Masalah dalam penelitian ini adalah “ faktor – faktor apa yang mempengaruhi keputusan seseorang untuk berkunjung di pemandian air panas Boli- boli Café Sipoholon”. Yang secara khusus difokuskan pada tiga variabel yaitu kualitas pelayanan, fasilitas dan lokasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk dapat mempelajari pengaruh tiga variabel tersebut dalam mempengaruhi keputusan konsumen berkunjung di pemandian air panas Boli –Boli Café Sipoholon. Setelah melakukan kajian literatur dan penyusunan hipotesis, data yang dikumpulkan melalui kuesioner pada 92 tamu Boli – boli Café Sipoholon yang diperoleh menggunakan teknik sampling sistematik. Kemudian dilakukan analisis data yang diperoleh dengan menggunakan analisis regresi berganda. Analisis ini mencakup: validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan F, dan analisis koefisien determinasi (R2 ). Dari analisis tersebut diperoleh analisis regresi: Y = 55,439 + 0,225 X1 + 0,007 X2 + 0,230 X3 + e Dimana variabel keputusan berkunjung (Y), kualitas pelayanan (X1), fasilitas (X2) dan Lokasi (X3) diuji menggunakan uji t menunjukkan bahwa ketiga variabel independen secara signifikan mempengaruhi keputusan berkunjung sebagai variabel dependen. Kemudian melalui uji F menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan, fasilitas dan lokasi yang tepat untuk menguji variabel keputusan berkunjung. Angka Adjusted R square sebesar 0,403 menunjukkan bahwa bahwa 40,3 persen variabel keputusan berkunjung dapat dijelaskan melalui ketiga variabel independen dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya 59,7 persen dijelaskan oleh variabel lain diluar ketiga variabel yang digunakan dalam penelitian ini.
  • This research is motivated by the growth rate of providing hot water bathing services in high North Tapanuli which is not balanced by an increase in the number of tourists who are balanced. This of course will affect the number of visitors who come to the location of the hot spring. Hot water service providers must prepare the best strategy to attract consumers, because with the emergence of the provision of new hot water services, consumers become increasingly more choices. The Boli-boli Café Sipoholon hot spring is one of the hot water bathing service providers affected by this imbalance. The problem in this study was "what factors influenced a person's decision to visit the Sipoholon Café Bolivian hot spring". Which specifically focused on three variables, namely the quality of service, facilities and location. The purpose of this study was to be able to study the influence of these three variables in influencing consumer decisions visiting the Boli –Boli Café Sipoholon hot spring. After conducting a literature review and hypothesis formulation, data collected through a questionnaire on 92 Boli-boli Café Sipoholon guests were obtained using systematic sampling techniques. Then analyze the data obtained using multiple regression analysis. This analysis includes: validity and reliability, classic assumption test, multiple regression analysis, hypothesis testing through t and F test, and analysis of the coefficient of determination (R2). From the analysis obtained regression analysis: Y = 55,439 + 0,225 X1 + 0,007 X2 + 0,230 X3 + e Where the visiting decision variable (Y), service quality (X1), facility (X2) and Location (X3) were tested using the t test showing that the three independent variables significantly influence visiting decisions as the dependent variable. Then through the F test shows that the variables of service quality, facilities and location are right for testing visiting decision variables. The adjusted R square number of 0.403 shows that 40.3 percent of the visiting decision variables can be explained through the three independent variables in the regression equation. While the remaining 59.7 percent is explained by other variables other than the three variables used in this study.
  • 116 Halaman
  • Skripsi Sarjana