Pemanfaatan Layanan Internet Dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi Pengguna Badan Perpustakaan Dan Arsip Daerah (BAPERASDA)
Main Author: | Sitorus, Tiaman Gusti Erfina |
---|---|
Other Authors: | Himma Dewiyana, ST, M.Hum, Dra. Zaslina Zainuddin, M.Pd |
Format: | Student Papers |
Bahasa: | ind |
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/13636 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan pada layanan internet di Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BAPERASDA). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan layanan internet dalam pemenuhan kebutuhan informasi Pengguna BAPERASDA dan untuk mengetahui apakah layanan internet yang disediakan sudah dapat memenuhi kebutuhan pengguna BAPERASDA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan cara menyebarkan kuesioner kepada responden sebanyak 326 orang. Dan hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) sebagian besar responden menyatakan fasilitas pada layanan internet di BAPERASDA (ruangan, komputer dan printer) memadai, (2) sebagian besar responden menilai bahwa biaya yang dikenakan dalam memanfaatkan layanan internet dan printer di BAPERASDA sudah sesuai, (3) hampir setengah responden menyatakan mereka memanfaatkan layanan internet di BAPERASDA sebanyak 3 s.d 4 kali dalam seminggu, (5) sebagian besar responden memiliki tujuan dalam memanfaatkan layanan internet yaitu untuk menunjang tugas sekolah/ perkuliahan, (6) hampir setengah responden menyatakan alasan mereka dalam memanfaatkan layanan internet yaitu penelusuran dapat dilakukan dengan cepat, (7) informasi yang telah diperoleh dari internet dinyatakan sudah sesuai dengan kebutuhan informasi pengguna, ini dinyatakan oleh sebagian besar responden, (8) pada umumnya responden menjawab bahwa Google merupakan search engine (mesin pencari) yang paling sering mereka gunakan dalam menelusur informasi yang mereka butuhkan, (9) hampir setengah responden menyatakan jika informasi yang mereka butuhkan telah diperoleh maka mereka mendownload informasi tersebut, (10) dalam memenuhi kebutuhan informasi hampir setengah responden sering meminta bantuan kepada petugas (pustakawan) di BAPERASDA, (11) sebagian besar responden menyatakan puas dengan informasi yang dicarikan oleh petugas (pustakawan) BAPERASDA, (12) dan menurut sebagian responden bahwa sikap dari petugas (pustakawan) BAPERASDA adalah ramah.
- 09E02367