Studi Awal Emisi Kebisingan Knalpot dengan Profil Silinder yang Dibuat dari Material Titanium dengan Menggunakan Simulasi Metode Elemen Hingga
Main Author: | Mastria Suandika |
---|---|
Other Authors: | Dr.Ing.Ikhwansyah Isranuri |
Format: | Student Papers |
Bahasa: | ind |
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/11966 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui distribusi temperatur, kecepatan aliran gas buang, kebisingan, serta pengaruh dimensi dan putaran terhadap perubahan kebisingan dari knalpot yang dibuat dari material titanium dengan menggunakan simulasi metode elemen hingga. Penelitian ini dilakukan dalam beberapa tahap kegiatan atau pengerjaan yaitu, pengambilan data gas buang kendaraan, simulasi menggunakan Metode Elemen Hingga melalui penggunaan perangkat lunak Ansys V 9.0, dan analisis teoritis tingkat kebisingan yang terjadi pada knalpot. Hasil yang diperoleh adalah pada spesimen standar dengan putaran 745 rpm distribusi temperaturnya yaitu 91o C menjadi 83,179o C. Pada putaran 1500 rpm yaitu 157o C menjadi 85,138o C dan pada putaran 2000 rpm yaitu 220o C menjadi 210,224o C. Kecepatan aliran gas buang pada putaran 745 Rpm dengan spesimen standar adalah 0,1564 m/s, untuk spesimen yang diperbesar adalah 0,1000 m/s dan untuk spesimen yang diperkecil adalah 0,2781 m/s. Kebisingan pada putaran 745 dengan ukuran standar yaitu 83,475 dB menjadi 45,657 dB; dengan ukuran yang diperbesar yaitu 80,031 dB menjadi 31,990 dB dan dengan ukuran yang diperkecil yaitu 88,941 dB menjadi 67,491 dB. Kebisingan yang terjadi yaitu pada putaran 745 Rpm untuk spesimen standar adalah 45,657 dB, pada putaran 1500 Rpm untuk spesimen standar adalah 47,133 dB dan pada putaran 2000 Rpm untuk spesimen standar adalah 49,893 dB. Berdasarkan hasil penelitian ini kesimpulan yang diperoleh bahwa material titanium dapat mengurangi kebisingan yang terjadi didalam knalpot.
- 09E00001