Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan dan Motivasi Kewirausahaan Terhadap Minat Menjadi Pengusaha Muda (Young Enterpreneur) Pada Mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis USU

Main Author: Tanjung, Hazraini
Other Authors: Dalimunthe, Ritha F
Format: Bachelors application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://202.0.107.133/handle/123456789/1032
Daftar Isi:
  • 130502094
  • This research aims at knowing and analyzing the influence of the effect of entrepreneneurship learning and entrepreneurship on the interest of being a young entrepreneur to manajement student in Faculty of Economy and Business USU. He type of this research is associative. Primary data were collected through questionnaires distributed to students of managenment study program Faculty of Economics and Business University of Sumatera Utara in 2014. The population in this research amounted 34 people. The sample in the research amounts 34 consentration student in Faculty of Economy and Business USU in 2014. This research by using saturated sampling method. Hypotesis tested using multiple regression analysis. This research shows that entrepreneurship learning and entrepreneurship motivation simultanesously have positive and significant effect on interest to be young entrepreneur to management student in Faculty of Economy and Business USU. Partially, entrepreneurship learning and entrepreneurship motivation have positive and significant effect on interest to be young entrepreneur to management student in Faculty of Economy and Business USU. Judging from the result of determination analysis obtained value of 0,385 or 38,5% variable interest to young entrepreneur can be explained by variable entrepreneurship learning and entrepreneurship motivation and the rest 61,5% is explained by other variables studied in this study.
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kewirausahaan dan motivasi kewirausahaan terhadap minat menjadi pengusaha muda (young entrpreneur) pada mahasiswa program studi manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis USU. Jenis penelitian ini adalah asosiatif. Data primer dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis USU tahun 2014. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 34 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 34 responden mahasiswa Konsentrasi Kewirausahaan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis USU angkatan 2014. Penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan, pengaruh pembelajaran kewirausahaan dan motivasi kewirausahaaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi pengusaha muda (young entrepreneur) pada mahasiswa program studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis USU. Secara parsial pengaruh pembelajaran kewirausahaan dan motivasi kewirausahaaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi pengusaha muda (young entrepreneur) pada mahasiswa program studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis USU. Dilihat dari hasil analisis koefisien determinasi yang didapat nilai R Square sebesar 0,385 atau 38,5% variabel minat menjadi pengusaha muda (young entrepreneur) dapat dijelaskan oleh variabel pembelajaran kewirausahaan dan motivasi kewirausahaan dan sisanya 61,5% dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.