Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Petani dalam Menentukan Pembelian ke Toko Saprodi di Kabupaten Blora

Main Author: Kurniadi, Sasono; Program Studi S2 Agribisnis
Format: Article info application/pdf eJournal
Terbitan: Agribusiness Review , 2013
Online Access: http://jurnal.pasca.uns.ac.id/index.php/AR/article/view/770
http://jurnal.pasca.uns.ac.id/index.php/AR/article/view/770/349
Daftar Isi:
  • Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Lokasi penelitian terletak di toko saprodi Kabupaten Blora. Dengan tahapan pelaksanaan, membuat kuesioner, mengumpulkan data, cooding, analisis data, dan menyimpulkan dari hasil penelitian. Hasil penelitiannya adalah a) Variabel pelayanan (X3) memiliki nilai tingkat signifikansi yang paling tinggi yaitu sebesar t hitung 2,571 terhadap pembelian. b) Hasil Uji Simultan menunjukkan bahwa nilai F hitung sebesar 129,087 sedangkan nilai F table sebesar 3,94. Dapat dikatakan bahwa Harga, Produk, Pelayanan, Promosi dan Lokasi secara bersama-sama berpengaruh terhadap pembelian (Y). c) Hasil Uji determinasi bahwa R2 adalah 0,867. Hal ini berarti 86,7% variasi Pembelian (Y) dapat dijelaskan ke lima variabel independen Harga, Produk, Pelayanan, Promosi dan Lokasi. Sedangkan sisanya (100%-86,7% = 13,3%) dijelaskan oleh sebab-sebab lain diluar dari variabel independen. Strategi pemasaran berdasarkan analisa SWOT yang digunakan adalah a) SO Strategis, mengoptimalkan faktor kekuatan yang terdiri dari pelayanan, kelengkapan produk dan variasi pilihan harga dalam strategi pemasaran untuk memperbesar target penjualan. b) WO Strategis, meminimalkan biaya promosi dan meningkatkan pelayanan untuk mengurangi biaya operasional. c) ST Strategis, meningkatkan variasi dan jenis produk, meningkatkan mutu pelayanan, dan menjaga adanya variasi tingkatan harga diberbagai pilihan produk untuk meminimalisir ancaman eksternal yaitu adanya promosi besar-besaran oleh kompetitor, khususnya yang menggunakan strategi Multi Level Marketing. d) WT Strategis, meningkatkan pelayanan dalam bentuk penyuluhan lapangan secara berkala, guna menjaga loyalitas konsumen.Kata Kunci: Perilaku, Konsumen, Pembelian