Menim(b)ang Disensus: Politik dan Estetika Seno Gumira Ajidarma dalam Cerpen "Saksi Mata"
Main Author: | Arifin, Moch. Zainul; Gadjah Mada University |
---|---|
Other Authors: | Moch Zainul Arifin, Gadjah Mada University, Master of Literary Studies |
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Balai Bahasa Jawa Timur
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://atavisme.web.id/index.php/atavisme/article/view/525 http://atavisme.web.id/index.php/atavisme/article/view/525/354 http://atavisme.web.id/index.php/atavisme/article/downloadSuppFile/525/224 |
Daftar Isi:
- This study aims to discuss Seno Gumira Ajidarma's political and aesthetic disensus efforts towards the representative regime of the Utan Kayu Community and the Soeharto ethical regime through the short story "Saksi Mata". Seno's census efforts were displayed through the short story "Saksi Mata" seen from class migration and author's ideology, socio-political conditions, and narrative aesthetics at the time so as to destabilize the police hierarchy and establishment of the regime. Departing from this, how "Saksi Mata" offers an aesthetic form through the census of political and aesthetic structures, with the migration of its authors to shake the power of both regimes. This research uses the census theory of Jacques Rancière. Data collection is done by referring and dialectically. The results showed that, first, "Saksi Mata" responded to the New Order's authoritarian political structure that mobilized censorship, confining the freedom of opinion and work. Second, Seno's aesthetic movement also undermines the conventions of ethical regimes and representative regimes. From there the census of the Seno movement with "Saksi Mata" which offered aesthetics that were not trapped in communal imagination.
- Abstrak: Tulisan ini menelusuri upaya Seno Gumira Ajidarma dalam cerpen Saksi Mata untuk terlepas dari rezim representatif Komunitas Utan Kayu dan rezim etis Soeharto. Pisau analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah gagasan Jacques Rancière tentang disensus yang secara khusus pada migrasi yang mengasumsikan bahwa pengarang yang sadar kesetaraannya di dalam lingkup hierarki police bergerak dari satu kelas ke kelas lain, dari ideologi ke ideologi lain, dan dari tekstual ke tekstual lainnya. Rancière melihat karya sastra juga bersikap politis tepat di dalam interpretasi ruang publik yang begitu beragam yang akhirnya mengubah perspektif publik. Berangkat dari hal ini, bagaimana Saksi Mata menawarkan bentuk estetika melalui disensus terhadap struktur politik maupun estetik, dengan migrasinya guna mengguncang kekuasaan kedua rezim? Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama, Saksi Mata merespon struktur politik otoriter Orde Baru yang memobilisasi sensor, mengungkung kebebasan berpendapat dan berkarya melalui jalan migrasi Seno dari ideologi Jakarta Jakarta yang pro-orba ke ideologi oposisional Harian Pembaruan dan juga migrasi Seno dari jurnalis, pengangangguran lalu ke sastrawan. Kedua, pergerakan estetika Seno juga merongrong konvensi estetis dari rezim representatif Komunitas Utan Kayu dan Bengkel Teater Rendra dan sekaligus rezim etis orba, perpanjangan tangan Manikebu yang melihat sastra untuk sastra. Dari sana disensus pergerakan Seno untuk menampilkan pula suara part-of-no-part kembali ke dalam politik sehingga perbincangan soal itu dapat diambil alih oleh publik sendiri. Dari sanalah Saksi Mata menawarkan estetika yang tidak terjebak pada imajinasi komunal.Kata kunci: Disensus, Migrasi, Politik, Estetik, Seno