UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA TENTANG SIFAT-SIFAT BENDA MELALUI METODE CARD SORT DI KELAS III MI MUHAJIRIN PALEMBANG (Skripsi)

Main Author: Umiati, Umiati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.radenfatah.ac.id/301/1/BAB%20I.pdf
http://eprints.radenfatah.ac.id/301/2/BAB%20II.pdf
http://eprints.radenfatah.ac.id/301/3/BAB%20III.pdf
http://eprints.radenfatah.ac.id/301/4/BAB%20IV.pdf
http://eprints.radenfatah.ac.id/301/5/BAB%20V.pdf
http://eprints.radenfatah.ac.id/301/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini berjudul Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPA Tentang Sifat-sifat Benda Melalui Metode Card Sort di Kelas III MI Muhajirin Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang terdiri atas 5 (lima) bab. Sedangkan permasalahan dalam penelitian ini apakah dengan menggunakan metode Card Sort dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPA tentang sifat-sifat benda di kelas III MI Muhajirin Palembang. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara penerapan metode Card Sort dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPA tentang sifat-sifat benda di kelas III MI Muhajirin Palembang dan untuk mengetahui apakah pelaksanaan metode Card Sort dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPA tentang sifat-sifat benda di kelas III MI Muhajirin Palembang. Penelitian ini dilakukan karena sangat rendahnya hasil belajar siswa dan diikuti dengan kurangnya aktivitas siswa pada kegiatan proses pembelajaran Matematika. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan 2 (dua ) siklus. Diawali dengan kegiatan prasiklus dan setiap siklus terdiri dari Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan (Pengumpulan Data), dan Refleksi. Hasil penelitian pada pra siklus, siswa dengan ketuntasan belajar hanya 16 siswa (57,14%) dengan nilai rata-rata 67,86. Kemudian hasil penelitian pada siklus I dengan melihat hasil belajar, siswa dengan ketuntasan belajar mencapai 24 siswa (85,71%) dengan nilai rata-rata 81,43. Dan pada hasil penelitian pada siklus II dengan melihat hasil belajar, siswa dengan ketuntasan belajar telah mencapai 28 siswa (100%) dengan nilai rata-rata 93,57. Maka setelah melihat perkembangan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA tentang sifat-sifat benda melalui metode Card Sort terdapat peningkatan yang sangat signifikan mulai dari prasiklus, siklus I, dan siklus II.