UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN CARD SORT PADA MATERI MENGGOLONGKAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA DI KELAS IV MI. MUHAJIRIN PALEMBANG. (Skripsi)

Main Author: Sriyani, Sriyani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.radenfatah.ac.id/263/1/BAB%20I.pdf
http://eprints.radenfatah.ac.id/263/2/BAB%20II.pdf
http://eprints.radenfatah.ac.id/263/3/BAB%20III.pdf
http://eprints.radenfatah.ac.id/263/4/BAB%20IV.pdf
http://eprints.radenfatah.ac.id/263/5/BAB%20V.pdf
http://eprints.radenfatah.ac.id/263/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini berjudul Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Menggunakan Model Pembelajaran Card Sort Pada Materi Menggolongkan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya Di Kelas IV MI. Muhajirin Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (file research) yang terdiri atas 5 (lima) bab. Sedangkan permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah metode card sort dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA tentang Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya di kelas IV MI Muhajirin Palembang Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dengan melalui penerapan metode card sort dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA tentang Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya di kelas IV MI Muhajirin Palembang. Penelitian ini dilakukan karena sangat rendahnya hasil belajar siswa dan diikuti dengan kurangnya aktivitas siswa pada kegiatan proses pembelajaran Ilmu pengetahuan alam Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan 2 (dua ) siklus. Diawali dengan kegiatan prasiklus dan setiap siklus terdiri dari Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan (Pengumpulan Data), dan Refleksi. Hasil penelitian pada pra siklus, siswa dengan rentang nilai kategori baik 14,82%, kategori cukup 40,74% dan kategori kurang 44,44%. Kemudian hasil penelitian pada siklus I dengan melihat rentang nilai kategori sangat baik 14,81%, kategori baik 37,04%, kategori cukup 40,74%, dan kategori kurang 7,41%. Dan pada hasil penelitian pada siklus II dengan melihat rentang nilai kategori sangat baik 40,74% dan kategori baik 59,26%. Maka setelah melihat perkembangan hasil belajar ipa menggunakan model pembelajaran card sort pada materi menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya terdapat peningkatan yang sangat signifikan dengan nilai rata-rata 56,48 pada prasiklus, 70,37 pada siklus I, dan 98,51 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada setiap tindakan siklus dapat disimpulkan bahwa upaya meningkatkan hasil belajar ipa menggunakan metode pembelajaran card sort terbukti sangat efektif.