Efektivitas Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pada Masa New Normal di Madrasah Aliyah Negeri
Main Authors: | Lilawati, Emi, Sa'adah, Lailatus |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Pascasarjana Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) Jombang
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://journal.unipdu.ac.id/index.php/dirasat/article/view/3123 http://journal.unipdu.ac.id/index.php/dirasat/article/view/3123/1464 |
Daftar Isi:
- Pembelajaran daring pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam merupakan sistem pembelajaran yang digunakan di masa pandemi COVID-19 dengan memanfaatkan aplikasi Zoom, grup WhatsApp, dan e-learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses dan efektivitas pelaksanaan pembelajaran daring pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MAN 4 Jombang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswi kelas XI MIA 3 yang berjumlah 36 siswi. Sampel yang digunakan berjumlah 36 siswi, karena populasi berjumlah kurang dari 100. Metode pengambilan data yang digunakan adalah wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pelaksanaan pembelajaran daring pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MAN 4 Jombang menurut teori yang telah dikemukakan oleh Slavin berjalan efektif, dan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring di masa new normal pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MAN 4 Jombang berjalan sangat efektif. Online learning in Islamic Cultural History is a learning system that used during the COVID-19 pandemic by utilizing Zoom applications, WhatsApp groups, and e-learning. The purpose of this study was to determine the process and effectiveness of the implementation of online learning on the subject of Islamic Cultural History at MAN 4 Jombang. This research is a descriptive quantitative research. The population in this study were students of class XI MIA 3, consisting to 36 students. The sample used was 36 students, because the population was less than 100. The data collection methods used were interviews, questionnaires, and documentation. The results showed that the implementation of online learning on the subject of Islamic Cultural History at MAN 4 Jombang according to the theory that had been put forward by Slavin was effective, and that the implementation of online learning in the new normal period in the subject of Islamic Cultural History at MAN 4 Jombang is very effective.