IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI SERAYU YOGYAKARTA

Main Author: Maliki, Maliki; Institut Agama Islam Negeri Mataram
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi IAIN Mataram
Subjects:
Online Access: http://ejurnal.iainmataram.ac.id/index.php/tazkiyah/article/view/861
http://ejurnal.iainmataram.ac.id/index.php/tazkiyah/article/view/861/1094
Daftar Isi:
  • SD Negeri Serayu Yogyakarta merupakan salah satu sekolah unggulan. Hal itu dapat dilihat dari beberapa prestasi siswa, seperti penghargaan dalam berbagai bidang, baik dalam tingkat kota, provinsi ataupun nasional. Meskipun SD Negeri Serayu merupakan sekolah unggulan, tetapi hasil observasi yang ditemukan oleh peneliti terdapat beberapa siswa yang mengalami kesulitan belajar. Pertanyaan penelitian ini adalah: Apa faktorfaktor penyebab kesulitan belajar siswa kelas V SD Negeri Serayu, dan bagaimanan implementasi layanan bimbingan dan konseling dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas V SDNegeri Serayu Yogyakarta. Hasil penelitian menyatakan bahwa; faktor-faktor penyebab kesulitan belajar yang dialami siswa kelas V SD Negeri Serayu berasal dari diri anak dan luar anak, dengan bentuk kesulitan seperti gangguan dalam belajar, pencapaian rendah dan siswa lambat. Dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling dalam mengatasi kesulitan belajar kelas V SD Negeri Serayu dilakukan dengan memberikan layanan konseling individual, layanan konseling teman sebaya dan kolaborasi orang tua murid