PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN WACANA BERBAHASA JAWA DENGAN METODE SURTABAKU

Main Author: Hatmoko, Tri; Universitas Muhammadiyah Purworejo
Other Authors: Universitas Muhammadiyah Purworejo
Format: Article info application/x-download eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa , 2013
Online Access: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/aditya/article/view/399
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/aditya/article/view/399/421
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan(1) penerapan metode SURTABAKU dalam pembelajaran membaca pemahaman wacana berbasa Jawa dan (2) peningkatan kemampuan membaca pemahaman wacana berbahasa Jawasiswa kelas X TKBB 2 SMK N 2 Kebumen tahun pembelajaran 2012/2013.Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan desainPTK.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TKBB 2 SMK N 2 Kebumen. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Analisis data dilakukan dengan teknik kualitatif dan kuantitatif dan hasilnya disajikan dengan teknik informal.Hasil penelitian ini adalah(1) penerapan metode SURTABAKU melalui lima tahap, yakni survei, tanya, baca, katakan, dan ulangi (2) kemampuan membaca pemahaman wacana berbahasa Jawa siswa kelas X TKBB 2 SMK N 2 Kebumen mengalami peningkatan. Nilai rata-rata kelas pada prasiklus adalah 58,85(kategori kurang) dan pada siklus I meningkat sebesar 13,44% menjadi 72,29 (kategori cukup). Pada siklus II, terjadi nilai rata-rata siswa meningkat lagi sebesar 7,4% menjadi 76,69 (kategori baik) dengan ketuntasan hasil belajar mencapai 84,37%.