Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Kolaborasi Model Pembelajaran Predict, Observe and Explain (POE) dan Mind Mapping Pada Mata Pelajaran Kearsipan
Main Authors: | Eka Safitri, Nur Tiara, Suputra, I Nyoman |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
JPBM (Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen)
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://journal2.um.ac.id/index.php/jpbm/article/view/1686 http://journal2.um.ac.id/index.php/jpbm/article/view/1686/958 |
Daftar Isi:
- Abstract : The purpose of this research is the implementation of collaborative learning model POE and Mind Mapping on the subject archival and to know activities and learning outcomes in the students X grade Office Administration program SMK PGRI Turen. Type of this research was class action research (CAR) which conducted two cycles in 4 meetings. The research result showed that:(1) Implementation of collaborative learning model POE and Mind Mapping on the subject archival in the students X grade APK 1 SMK PGRI Turen in the cycle I reached about 60% and increased in the cycle II become 93.5%. (2) Learning activities satisfied and learning outcomes become significant increased.Abstrak : Tujuan penelitian ini adalah implementasi kolaborasi model pembelajaran POE dan Mind Mapping pada Mata Pelajaran Kearsipan serta mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK PGRI Turen. Jenis penelitian merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dua siklus 4 kali pertemuan.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Implementasi kolaborasi model pembelajaran POE dan Mind Mapping pada Mata Pelajaran Kearsipan Pada Siswa Kelas X APK 1 SMK PGRI Turen pada siklus I memperoleh persentase sebesar 61% dan meningkat pada siklus II menjadi 93.5%. (2) Aktivitas belajar sangat memuskan dan hasil belajar mengalami kenaikan yang signifikan.