PENGEMBANGAN E-LEARNING DENGAN PENDEKATAN TEORI KOGNITIF MULTIMEDIA PEMBELAJARAN DI JURUSAN TKJ SMK MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA
Main Authors: | Kusumaningrum, Dyah Ayu, Marpanaji, Eko |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Graduate School, Yogyakarta State University
, 2014
|
Online Access: |
https://journal.uny.ac.id/index.php/jitp/article/view/2457 https://journal.uny.ac.id/index.php/jitp/article/view/2457/2043 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan, mengetahui kelayakan, dan mengetahui keefektifan implementasi e-learning dengan pendekatan teori belajar kogntif multimedia pembelajaran di jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah R&D, yang meliputi empat tahap, yaitu: planning, design, development, dan summative evaluation. Hasil pengembangan produk e-learning berupa manajemen pembelajaran online dengan software aplikasi moodle versi 2.4 dengan alamat alamat http://etkj.web.id. Kelayakan produk e-learning pada aspek media mendapatkan nilai 3.88 (kategori baik), pada aspek materi mendapatkan nilai 3.88 (kategori baik), dan aspek respon siswa mendapatkan nilai 3.64 (kategori baik). E-learning dengan pendekatan teori kognitif multimedia pembelajaran efektif meningkatkan hasil belajar siswa.Kata kunci: e-learning, kognitif multimedia pembelajaran