KONSEP FULL DAY SCHOOL DALAM PERSPEKTIF SOSIOLOGI PENDIDIKAN
Main Author: | Hunowu, Momy A |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Institut Agama Islam Negeri
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/ir/article/view/547 http://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/ir/article/view/547/419 |
Daftar Isi:
- Full day school bukanlah isu terbaru. Amerika sudah lama mengenal dan menerapkannya dalam dunia persekolahan. Isu ini menghangat di Indonesia sebagai konsekuensi logis dari dua hal; di satu sisi semakin tidak nyamannya lingkungan sosial bagi perkembangan anak, sementara pada sisi yang lain para orangtua sudah jarang membersamai anak-anak di rumah karena bekerja seharian penuh. Lalu, masih adakah lingkungan yang nyaman bagi anak-anak kita? Tulisan ini mengkaji FDS dalam perspektif sosiologi pendidikan. Bahwa sekolah sebagai learning organization ternyata menjadi lembaga terbaik dalam membentengi anak-anak dari pengaruh negatif lingkungan sosial yang semakin tidak ramah anak itu.