PEMAHAMAN GURU PAI TENTANG ASESMEN PEMBELAJARAN TINGKAT SLTP NEGERI KOTA GORONTALO

Main Author: Otaya, Lian G; Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan., Institut Agama Islam Negeri Sultan Amai Gorontalo
Format: Article info eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Institut Agama Islam Negeri , 2004
Subjects:
Online Access: http://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/ir/article/view/102
Daftar Isi:
  • Kegiatan asesmen merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari aktivitaspembelajaran secara keseluruhan. Pembelajaran di sekolah adalah tanggungjawab guru atas hasil kegiatan yang dicapai oleh siswa. Dengan demikian,guru patut dibekali dengan pemahaman melakukan assesmen sebagai ilmu yangmendukung tugasnya yaitu mengevaluasi hasil pembelajaran siswa. Beberapatipe dan kategori asesmen yang perlu dipahami oleh guru diantaranya asesmenkinerja, asesmen proyek, asesmen portofolio, dan asesmen tes. Pemahamanguru terhadap berbagai jenis asesmen ini memberikan peluang baginya untukmerancang berbagai instrumen asesmen dan membangun sistem asesmen yangmenjamin diperolehnya hasil asesmen berupa informasi evaluatif yang lengkap,konsisten dan akurat. Kesenjangan antara harapan asesmen pembelajaranyang seharusnya dilakukan oleh para guru PAI di SMP Kota Gorontalo dengankenyataan di lapangan dimana para guru tidak dapat melakukan asesmenpembelajaran dengan berbagai tekniknya seperti: asesmen kinerja, proyek,portopolio dan tes tentu menimbulkan masalah. Namun harus dipahami bahwapelaksanaan asesmen pembelajaran ini memang melibatkan berbagai masalahyang kompleks.