PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK DALAM PENINGKATAN KINERJA GURU SEKOLAH DASAR GUGUS III SENTOLO KULON PROGO

Main Authors: Karsiyem, Karsiyem, Wangid, Muhammad Nur
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Graduate School, Yogyakarta State University , 2015
Subjects:
Online Access: http://journal.uny.ac.id/index.php/jamp/article/view/6337
http://journal.uny.ac.id/index.php/jamp/article/view/6337/6350
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan supervisi Sekolah Dasar gugus III Sentolo Kulon Progo dan meningkatkan kinerja guru meliputi: (a) unsur-unsur, (b) prinsip dan teknik, (c) tindak lanjut, (d) pendukung dan penghambat, dan (e) upaya mengatasi hambatan supervisi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, subjek penelitian adalah kepala sekolah dasar di gugus III Kecamatan Sentolo Kabupaten Kulon Progo. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumen. Analisis data melalui reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan memperpanjang waktu penelitian, triangulasi data, member cheeking. Data dianalisis dengan model interaktif. Hasil penelitian: menunjukkan bahwa: (a) supervisi akademik meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran; (b) prinsip-prinsip supervisi akademik meliputi: praktis, objektif, humanis, kooperatif, keke-luargaan, demokratis, komprehensif, prinsip berkesimbungan belum dilaksanakan, teknik dalam supervisi invidual dan kelompok; (c) tindak lanjut supervisi belum dilakukan dengan optimal, (d) pendukung supervisi kesediaan guru disupervisi, jadwal, seprofesi, kendala supervisi guru terbebani dan banyaknya kegiatan kepala sekolah; (e) upaya memberikan pemahaman supervisi akademik sebagai kebutuhan guru dan jadwal supervisi efektif.