Daftar Isi:
  • Perguruan tinggi sebagai penyelenggara pendidikan tingkat tinggi sangat berperan penting untuk memajukan dan meningkatkan kualitas SDM (Sumber Daya Manusia) suatu negeri. Hal ini tidak terlepas dari peranan penting tenaga pendidik di perguruan tinggi yaitu dosen. Dosen harus mampu memberikan pengajaran yang tepat dan baik terhadap mahasiswa dan melakukan peningkatan cara mengajar. Berdasarkan pelatihan blended learning, dosen sebagai pengajar dianjurkan untuk memiliki dan menggunakan blog sebagai prasarana untuk membantu kegiatan belajar mengajar. Penggunaan blog membantu dosen agar dapat mengajar secara kombinasi antara perkuliahan tatap muka langsung dan e-learning. Hal ini membantu mahasiswa dalam mendapatkan informasi dari dosen di luar pengajaran tatap muka langsung di dalam ruang kelas. Akan tetapi pada Universitas Kristen Maranatha, khususnya Jurusan Teknik Industri, belum semua dosen memanfaatkan media blog untuk kegiatan mengajar dan menyampaikan informasi. Mahasiswa merasa cukup kesulitan dalam mendapatkan bahan perkuliahan, informasi mengenai ketiadaan kelas, dan seputar jadwal kegiatan dosen selama sepekan di kampus. Disamping itu, dosen juga membutuhkan media pengingat terhadap informasi-informasi dari jurusan. Dikarenakan kegiatan dosen yang cukup padat sehingga terkadang informasi tersebut terlewatkan. Oleh karena itu, penelitian akan dilakukan untuk merancang blog yang dapat mengakomodasi semua kebutuhan mahasiswa dan dosen dalam perkuliahan. Blog akan dirancang secara user-friendly, dengan menggunakan pendekatan Human System Interface Technology (HSIT). Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner untuk mengetahui keinginan mahasiswa dan dosen terhadap blog yang akan dirancang. Kemudian pembuatan 3 prototype untuk masing-masing blog dengan memperhatikan jenis warna huruf, warna background, format template dan tata letak konten. Penyebaran kuesioner kedua dilakukan agar dapat mengetahui prototype mana yang lebih dipilih oleh mahasiswa dan dosen untuk dijadikan rancangan blog akhir. Hasil dari penelitian ini adalah rancangan dari blog yang memiliki desain tatap muka user-friendly. Untuk blog dosen-mahasiswa, panduan warna putih biru, format template dengan kolom yang terpisah antara konten satu dengan yang lainnya dan penempatan kolom laman pada bagian kiri. Untuk blog jurusan-dosen, terpilih panduan warna krem-hitam, dengan 1 warna pada background yaitu krem dan penempatan kolom laman pada 2 tempat di tengah dan sebelah kanan. Setelah adanya rancangan blog ini, diharapkan aspek ergonomi yaitu baik, aman, tepat, nyaman, mudah dan memberikan kepuasan dapat terpenuhi.