Daftar Isi:
  • Rumah Laundry adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa laundry. Saat ini, Rumah laundry mengalami penurunan pendapatan sebesar Rp. 5,527,021 yang terjadi pada periode 2012 – 2013, maka diperlukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hal yang dianggap penting oleh konsumen dalam laundry, mengetahui kelebihan dan kelemahan dari Rumah laundry dibandingkan dengan pesaingnya, mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap Rumah laundry, mendapatkan Segmentation, Targetting, dan Positioning yang tepat untuk Rumah laundry, memberikan usulan kepada Rumah laundry sehingga dapat menarik minat konsumen dan meningkatkan angka pendapatan. Kuesioner yang nantinya akan disebarkan ada 2 yaitu kuesioner pendahuluan dan penelitian yang kemudian disebarkan, penyebaran kuesioner pendahuluan yang bertujuan untuk mengetahui faktor penting dalam laundry dan untuk mengetahui pesaing Rumah laundry, Atribut yang digunakan dalam pertanyaan yang ada dalam kuesioner merupakan atribut yang berasal dari strategi bauran pemasaran yang terdiri dari Product, Price, Place, Promotion, People, Physical Evidance, dan Process yang dikembangkan menjadi beberapa atribut penelitian. Kemudian diolah dengan menggunakan metode Cochran Q-test untuk membuang atribut yang dianggap tidak penting untuk penelitian ini. Kuesioner penelitian disebarkan dengan teknik sampling “Purposive Sampling”. Atribut penelitian sebanyak 27 atribut kemudian diolah dengan Cochran Q-test, kemudian dilanjutkan untuk penyebaran kuesioner penelitian. Kuesioner penelitian dibagi menjadi 2 bagian yang berguna untuk Segmentasi, Targeting, dan Positioning, dan pengolahan data yang akan menggunakan pengolahan Correspondence Analysis untuk melihat keunggulan Rumah laundry terhadap pesaing dan Importance Performance Analysis untuk mengelompokkan prioritas perbaikan yang harus dilakukan dan Uji Hipotesis untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen. Target pasar untuk penelitian ini adalah pria dan wanita yang berstatus mahasiswa/pelajar dan yang mempunyai uang saku dibawah Rp. 2.5 juta dan tag line “bersih, murah, wangi” untuk mewujudkan Positioning perusahaan yang menginginkan harga yang murah dan mempunyai kualitas laundry yang baik. Hasil usulan dalam penelitian ini terdapat beberapa usulan yang didapat dari hasil CA yang dikaitkan dengan hasil IPA, uji hipotesis, dan segmenting, targetting, positioning. Usulan yang diberikan dalam penelitian ini adalah Membersihkan area sekitar laundry, Memberi pembatas di area penjemuran pakaian, Mengganti pencahayaan di tempat pencucian, Pemberian tagging warna pada pakaian ,Memperhatikan suhu setrika, Menutup rapat plastik pembungkus laundry,Mengganti pengharum pakaian dengan yang lebih tahan lama, Menyediakan list harga pada meja depan, Menetapkan harga yang bersaing dengan pesaingnya, Membersihkan area tempat menunggu, Menyediakan kursi untuk menunggu, Menutup area menunggu dengan kanopi, Menyediakan baju yang seragam untuk dipakai oleh karyawan, dan lainnya.