Handling Four Disruptive Pupils in Pre-Nursery class at TK. Bintang Mulia
Daftar Isi:
- Tugas Akhir ini dibuat berdasarkan pengalaman magang saya sebagai staff pengajar di TK. Bintang Mulia. Saya memutuskan untuk membahas mengenai kesulitan saya dalam menangani murid-murid yang mengganggu (disruptive students) pelajaran dan aktivitas di kelas pre-nursery. Oleh karena itu saya akan membahas yang menjadi latar belakang masalah yang saya alami dan juga dampak-dampak dari masalah tersebut. Saya menganalisis masalah yang saya alami pada saat kegiatan magang saya dalam proses mengajar berlangsung. Saya menemukan beberapa penyebab dan akibat dari kesulitan saya menangani disruptive students. Penyebabnya adalah saya tidak memiliki pengalaman dalam mengajar, saya tidak mengenal murid- murid saya dengan baik, saya tidak dapat berkomunikasi kepada murid- murid saya dengan baik. Akibatnya adalah waktu mengajar yang saya miliki menjadi terbuang, saya merasa stress, murid-murid menjadi kurang termotivasi dalam belajar. Maka, saya menganalisis beberapa pilihan solusi yang memiliki potensi untuk megatasi permasalahan ini. Solusi pertama adalah saya akan bersikap tenang dengan tidak menanggapi murid-murid yang mengganggu. Solusi kedua adalah saya akan menghukum murid-murid yang mengganggu. Solusi ketiga adalah saya akan memberi hadiah apabila murid-murid berkelakuan baik. Setelah menganalisis masalah yang saya hadapi, saya melakukan pemilihan dan pembahasan atas semua solusi yang dipilih dalam mengatasi masalah tersebut. Saya memutuskan untuk memilih semua solusi saya. Solusi-solusi yang saya pilih dan yang dibahas berdasarkan penjelasan dan teori yang mendukung. Saya pun akan memberi masukan kepada TK.Bintang Mulia tempat dimana saya magang.